Select Page

Garasi Modifikasi – Halo sodara. Setelah masbro Anton menulis artikel Modifikasi Satria FU Elegan milik masbro Bagus, kali ini yang dibahas adalah kelistrikannya yaitu Modifikasi Fullwave Satria FU 150 termasuk beberapa motor pabrikan Suzuki yang mirip. Seperti biasa, sebelum lebih jauh mari bersama lihat penampakan berikut ini :

 

Modifikasi Fullwave Satria FU dan beberapa motor Suzuki lainnya menjadi pelengkap dari modifikasi fullwave sebelumnya.

Lihat juga: Modifikasi Fullwave Pada Motor Yamaha

Lihat juga: Modifikasi Fullwave Pada Motor Honda Lama

Sebenarnya dalam melakukan modifikasi fullwave Satria FU tidak jauh berbeda dengan modifikasi fullwave pada motor Honda lama yang beberapa waktu lalu sudah mengudara. Intinya adalah melepas kabel kawat yang tersolder di tab ground. Selanjutnya kabel kawat yang sudah dilepas dari tab ground disambung dengan kabel tambahan untuk dijadikan jalur pengisian menuju kiprok Tiger. Jangan lupa kabel sambungan ditutup dengan kabel bakar (shrink tube).

Selanjutnya di soket spul, kabel untuk jalur lampu dilepas atau dicabut dari soket. Pastikan ujung kabel tersebut diberi pengaman seperti isolasi atau dengan kabel bakar. Kiproknya juga harus menggunakan yang original sodara, terutama untuk Suzuki Satria yang menggunakan speedometer digital.

Tegangan yang masuk ke speedometer Satria FU tidak boleh lebih dari 16V DC. Kalo lebih dari 16V maka speedometer akan kedip dan reset sendiri. Jadi solusinya adalah menggunakan kiprok (Tiger) yang original atau bisa juga sodara bikin rangkaian sendiri menggunakan IC LM7812 atau LM7815.

Motor pabrikan Suzuki lainnya yang modifikasi fullwavenya mirip dengan Satria FU ini adalah Suzuki Shogun, Suzuki Arashi, Suzuki Skywave, dan Suzuki Spin. Bedanya hanya sedikit di bentuk/posisi tab di stator. Sedangkan caranya semuanya sama dengan modifikasi fullwave Satria FU ini. Untuk stator/spul tidak perlu digulung ulang, bisa menggunakan spul aslinya atau yang original.

Apabila sodara akan melakukan modifikasi fullwave Satria FU dan motor Suzuki yang lain, pastikan menggunakan spul original pabrikan. Jangan tergoda dengan rayuan gulung ulang spul bisa gini lah bisa gitu lah. Kalo tidak pakai spul originalnya bisa panjang buntutnya hehehe..

Demikian update untuk topik Modifikasi Fullwave Satria FU dan beberapa tipe motor pabrikan Suzuki yang lain. Jangan kemana-mana, kunjungi Blog Garasi Modifikasi untuk modifikasi motor, tetap minum kopi biar tidak ada salah paham, terus bermodifikasi, terima kasih, dan semoga bermanfaat.

 

Soewardono Pinpin
Staff Redaksi at Blog Garasi Modifikasi
Seorang sederhana ini baru saja kenal dengan dunia wordpress, belajar divi theme, sampai ketagihan dengan secangkir kopi...