Garasi Modifikasi – Halo sodara. Karena kesibukan dengan pekerjaan masing-masing, akhirnya kali ini bisa update lagi. Kali ini topiknya ada ACG Starter Honda Beat Tidak Jalan Setelah Bore-Up Mesin. Seperti biasa, simak terlebih dahulu beberapa penampakan berikut ini :

Sebelum lebih jauh, saya sudah berbagi artikel tentang Aplikasi ACG Starter Honda Beat di Motor Lain. Silahkan klik link tersebut untuk membaca lebih detail. Mengulang dari artikel tersebut, bahwa saya (termasuk om Roni RMS) tidak merekomendasikan penggunaan ACG Starter Honda Beat di motor lain. Jangan tergiur dengan harga yang relatif lebih murah. Gunakan ACG Starter milik Honda Vario 125 atau lebih bagus lagi Honda Vario 150 di motor lain kesayangan sodara.

Dalam artikel tersebut saya menulis bahwa ketika mesin sodara melebihi spesifikasi standar Honda Beat maka ACG Starter tersebut tidak akan jalan. Hal ini juga berlaku pada motor Honda Beat yang sudah menggunakan ACG Starter. Ketika sodara melakukan modifikasi ke mesin, sebut saja bore-up mesin menjadi 125cc, maka ACG Starter Honda Beat tidak akan jalan. Hal tersebut dikarenakan magnet dan spul untuk ACG Starter Honda Beat sangat kecil sehingga tidak bisa jalan apabila melebihi standar pabrikan mesin Honda Beat.

Bagaimana solusinya ketika Honda Beat sodara sudah dimodifikasi (bore-up 125cc) agar ACG Starter bisa berfungsi kembali ?

Ada dua pilihan sodara, pertama adalah mesin dikembalikan lagi ke standar pabrikan dan yang kedua adalah mengganti part ACG Starter Honda Beat dengan menggunakan milik Honda Vario 125 atau Honda Vario 150.

Ketika sodara memutuskan untuk mengganti part ACG Starter Honda Beat menjadi milik Honda Vario, pastikan mekanik yang memasang bisa melakukan dengan benar. Kalo tidak benar, maka uang di kantong sodara dipastikan terkuras. ‘Mainan’ ACG Starter ini adalah mainan yang mahal. Jadi solusi paling gampang dan ‘murah’ adalah kembalikan lagi spesifikasi mesin sesuai standar pabrikan. Saya percaya bahwa mekanik yang bisa bore-up jauh lebih banyak daripada yang bisa pasang ACG Starter.

Apabila sodara berdomisili di Surabaya dan sekitarnya, sodara bisa datang ke Ron’s Project untuk menemui om Roni RMS agar motor sodara kembali bisa digunakan. ACG Starter jalan dan Honda Beat sodara juga sudah 125cc. Sodara bisa juga melakukan servis rutin atau modifikasi lain di bengkel milik om Roni RMS. Sebagai catatan, silahkan sodara berkonsultasi gratis ketika berada di bengkel, tidak di media yang ada ya hehehe….

Bagi sodara sudah terlanjur bore-up mesin Honda Beat, silahkan dipilih solusinya. Akan terlihat lucu ketika punya Honda Beat (yang sudah pakai ACG Starter) harus menyalakan mesin pakai kaki lagi, apa gak malu sama GL 100 milik saya hahaha… Bagi yang belum, lebih baik jangan karena akan panjang urusannya ya… Lebih baik uangnya dibuat modifikasi yang lain yang lebih aman.

Sekian dulu ya sodara untuk topik kali ini tentang ACG Starter Honda Beat Tidak Jalan Setelah Bore-Up Mesin. Kunjungi Blog Garasi Modifikasi untuk update terbaru tentang modifikasi motor. Tetap minum kopi agar tetap sehat, bersemangat, dan terus bermodifikasi. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

 

Anton Gunawan
Staff Redaksi at Blog Garasi Modifikasi
Seorang sederhana yang menyukai travelling, camping, sampai dengan dunia modifikasi motor. Bukan seorang blogger apalagi vlogger, hanya berbagi...