Garasi Modifikasi – Halo sodara. Kali ini topiknya berbeda dengan yang sudah ada sebelumnya, yaitu tentang AHO atau Automatic Headlamp On agar dapat dimatikan dengan salah satunya Holder Kiri Old Vixion. Jadi seperti biasa, simak dulu penampakan-penampakan berikut ini :

 

 

Karena peraturan pemerintah yang mengharuskan lampu utama menyala baik siang maupun malam, akhirnya pabrikan motor terkena imbasnya yaitu hilangnya saklar lampu utama pada motor di Indonesia tanpa terkecuali. Imbasnya, pengguna motor harus sedikit memutar otak agar lampu utama bisa dimatikan dan dinyalakan secara manual seperti sebelumnya.

Ketika Old Vixion mulai dipasarkan di Indonesia, holder kiri masih terdapat saklar untuk lampu utama biar dapat nyala mati sesuai keperluan pengguna motor. Tetapi ketika Yamaha mengeluarkan motor New Vixion Lightning, holder kiri milik NVL mirip sekali dengan holder kiri Old Vixion. Bedanya holder kiri NVL sudah tidak terdapat saklar untuk lampu utamanya alias Automatic Headlamp On.

Apabila sodara ingin mengganti holder kiri NVL dengan holder kiri Old Vixion tidak bisa langsung alias plug n play (PNP). Karena harus menyesuaikan jalur kabelnya antara holder kiri Old Vixion dengan motor NVL. Sudah banyak tutorial di blog tetangga bagaimana memasang holder kiri Old Vixion ke NVL. Jadi silahkan menuju ke TKP saja sodara…

Beberapa motor yang bisa menggunakan holder kiri Old Vixion diantaranya adalah Yamaha Byson, motor sporty lainnya, bisa juga diaplikasikan di Yamaha NMAX, atau bahkan bisa menjadi solusi ketika sodara melakukan modifikasi seperti pada Modifikasi Honda Vario 125 ala PCX. Kelebihannya dari holder kiri Old Vixion ini adalah hanya mengganti satu sisi holder saja.

Baca: Modifikasi Honda Vario 125 ala PCX

Solusi lain untuk mengakali AHO adalah menggunakan Holder Bajaj Pulsar. Namun kekurangan dari Holder Bajaj Pulsar adalah mengganti semua holder pada motor dan harganya lebih mahal dari holder kiri Old Vixion. Di Blog Garasi Modifikasi, masbro Anton pernah update tentang kedua holder ini pada Yamaha NMAX. Jadi simak saja perbedaan keduanya.

Baca: Modifikasi Yamaha NMAX Dengan Stiker

Tentunya semua ini harus dilakukan oleh mekanik yang mengerti tentang kelistrikan. Kalo ada kesalahan atau konslet akan jadi panjang buntutnya. Jadi bagi sodara yang berdomisili di Surabaya bisa ke Ron’s Project menemui om Roni RMS untuk mengganti holder kiri Old Vixion.

Sekian dulu sodara untuk update Akali AHO Dengan Holder Kiri Old Vixion. Kunjungi Blog Garasi Modifikasi untuk update terbaru tentang modifikasi motor. Tetap minum kopi biar semangat, terima kasih, dan semoga bermanfaat.

 

 

Soewardono Pinpin
Staff Redaksi at Blog Garasi Modifikasi
Seorang sederhana ini baru saja kenal dengan dunia wordpress, belajar divi theme, sampai ketagihan dengan secangkir kopi...