Garasi Modifikasi – Halo sodara. Kembali lagi pada topik tentang speedometer. Kali ini adalah alternatif speedo analog di Honda Tiger. Seperti biasa, sebelum lebih lanjut mari lihat bersama penampakan berikut ini :

 

 

Beberapa waktu lalu sudah mengupas Pasang Speedo NVL di Honda Tiger dan Pasang Speedo Honda CB150R Facelift di Honda Tiger. Klik masing-masing link untuk membaca lebih lanjut tentang kedua speedometer tersebut. Kedua speedometer tersebut adalah speedo digital. Mungkin sodara kesulitan dalam modifikasi.

Kali ini adalah alternatif speedo analog di Honda Tiger. Selain lebih mudah dalam hal modifikasi juga harga speedometer yang relatif ramah di kantong sodara. Tentu tidak perlu pusing bagaimana memasang sensor speedo, karena dari pabrikan Honda Tiger menggunakan kabel ke roda depan untuk kecepatannya. Yang diperhatikan hanya masalah kelistrikan pada speedo agar bias berfungsi sebagaimana mestinya.

Apa saja Alternatif Speedo Analog di Honda Tiger?

Alternatif Speedo Analog di Honda Tiger yang pertama adalah tak lain dan tak bukan speedo milik Yamaha X-Ride. Harganya pun tidak bikin sobek kantong sodara, sekitar 300 ribu sodara sudah bisa membawa pulang speedo Yamaha X-Ride ini untuk dipasang di Honda Tiger sodara. Yang perlu diperhatikan hanya penyesuaian kabel indikator, karena speedo X-Ride tidak punya indikator netral.

Alternatif Speedo Analog di Honda Tiger yang kedua adalah milik Yamaha Mio Fino. Yang menjadi perhatian juga sama dengan speedo X-Ride, penyesuaian kabel indikator netral. Kalo bisa beli speedo Fino Thailand. Covernya bukan dari plastik jadi lebih menarik dan elegan.

Sedangkan yang ketiga adalah speedometer Kawasaki KLX. Yang menjadi kendala apabila menggunakan speedo KLX adalah tidak ada indikator bahan bakarnya. Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan indikator bahan bakar milik Fino.

Yang keempat alternatif speedo analog di Honda Tiger adalah speedo Yamaha Aerox. Ini belum banyak dilakukan sodara, karena memang Yamaha Aerox juga tergolong motor baru. Bentuknya sama persis dengan speedo X-Ride. Namun ada satu indikator baru di speedo Yamaha Aerox yaitu indikator temperatur. Tentu hal ini bisa membuat penyesuaian lebih banyak dari speedo X-Ride.

Terakhir sodara, kalo memang sodara lagi kanker alias kantong kering bisa lah pasang indikator bahan bakarnya doang milik Yamaha Fino. Daripada pasang speedo variasi di luar mending pasang speedo pabrikan yang sudah terjamin kualitas dan keakuratannya.

Apabila sodara berdomisili di Surabaya dan sekitarnya silahkan menuju ke Ron’s Project menemui bang Roni untuk melakukan pemasangan speedometer di Honda Tiger kesayangan sodara biar semakin mantab.

Demikian update kali ini tentang Alternatif Speedo Analog di Honda Tiger. Kunjungi Blog Garasi Modifikasi untuk update modifikasi motor terbaru. Jangan kemana-mana, tetap minum kopi biar tetap semangat sodara, tetap bermodifikasi, terima kasih, dan semoga bermanfaat.

 

 

Soewardono Pinpin
Staff Redaksi at Blog Garasi Modifikasi
Seorang sederhana ini baru saja kenal dengan dunia wordpress, belajar divi theme, sampai ketagihan dengan secangkir kopi...