Garasi Modifikasi – Halo sodara. Menyambung artikel sebelumnya tentang Voltmeter, kali ini update topiknya tentang Apakah ACG Starter Honda Sudah Fullwave. Seperti biasa, sebelum lebih lanjut simak dulu beberapa penampakan berikut ini :

 

 

Sampai akhir tahun 2016, hampir semua lini motor matic pabrikan Honda sudah menggunakan teknologi ACG Starter. Mulai dari Honda PCX, Honda Vario Series (yang seri 110cc belum, mungkin cuma punya masbro Anton yang pakai ACG Stater), Honda All New Beat, dan yang lainnya baik yang sudah menggunakan sistem Idling Stop System (ISS) maupun yang Non-ISS.

Baca: Modifikasi Honda Vario 110 Karbu

Yang menjadi pertanyaan adalah Apakah ACG Starter Honda Sudah Fullwave?

Jawabannya adalah sudah menganut sistem kelistrikan Fullwave. Bahkan sistem kelistrikan Fullwave yang dihasilkan oleh teknologi ACG Starter ini lebih stabil dari Fullwave menggunakan kiprok Tiger. Bahkan pengisian yang dilakukan oleh tipe ISS lebih besar 1,6x dari yang tipe biasa atau Non-ISS.

Kalo Fullwave, ketika dikontak ON lampu utama kok tidak langsung menyala?

Ketika teknologi ACG Starter hadir pertama di Honda Vario 125 sekitar tahun 2012, pemerintah sudah memberlakukan lampu utama harus menyala. Jadi tidak ada saklar lampu utama. Sebenarnya di dalam ECM Vario sudah terdapat kiprok. Jadi kiprok di dalam ECM ini yang mengatur lampu tidak menyala ketika dikotak on, ada semacam otomatisnya sebagai pengganti saklar lampu utama.

Kenapa Fullwave menggunakan Kiprok Tiger, ketika dikontak ON lampu utama langsung menyala?

Lihat skema Fullwave pada umumnya. Terlihat jelas bahwa input jalur lampu dipindah ke output kontak. Beban kelistrikan sudah berada di aki, bukan lagi di spul atau ikut mesin, tidak ada ECM yang mengatur kelistrikan, dan hilangnya saklar on/off untuk lampu utama. Jadi Fullwave menggunakan kiprok Tiger, ketika dikontak ON lampu utama langsung menyala. Lain cerita apabila sodara membuat saklar sendiri untuk lampu utama atau dengan motor lama yang masih ada saklar on/off di motornya.

Terakhir, apakah bisa teknologi ACG Starter Honda diaplikasikan di motor lain?

Jawabannya BISA sodara. Saya pernah membahas lebih detil masalah ini pada artikel sebelumnya dengan klik disini. Proses pemasangannya pun sangat sulit dan membutuhkan waktu lama. Jalur kelistrikan ACG Starter Honda di setiap tipe motor juga berbeda. Ini juga sudah pernah saya bahas di artikel sebelumnya.

Lihat juga Mungkinkah ACG Starter Vario di Aplikasikan di Motor Lain

Paham ya sodara, bahwa ACG Starter Honda sudah menggunakan sistem kelistrikan Fullwave. Jadi tidak perlu bingung lagi apakah sudah fullwave atau belum. Sekian sodara update tentang Apakah ACG Starter Honda Sudah Fullwave. Kunjungi Blog Garasi Modifikasi untuk update modifikasi motor terbaru. Tetap minum kopi biar tetap semangat, terima kasih, dan semoga bermanfaat.

Soewardono Pinpin
Staff Redaksi at Blog Garasi Modifikasi
Seorang sederhana ini baru saja kenal dengan dunia wordpress, belajar divi theme, sampai ketagihan dengan secangkir kopi...