Garasi Modifikasi – Halo sodara sekalian. Masih seputar speedometer namun kali ini topiknya adalah Apakah bisa Speedo Vixion Advance (NVA) dipasang di motor Vixion Lightning. Sebelum lebih jauh, simak beberapa penampakan di bawah ini :

 

Tampilan speedo Vixion Advance membuat jatuh hati di pandangan pertama. Hal ini lah yang membuat sodara-sodara pemilik Vixion Lightning memulai melakukan pencarian ke om Google untuk memasang speedo Vixion Advance di NVL kesayangan sodara. Mari simak penjelasan berikut sodara :

Speedo Vixion Lightning masih menggunakan indikator MIL (malfunction indicator led) dalam mendeteksi adanya kerusakan/ketidakberesan sensor yang ada pada motor. Semua sensor tersebut dikirim melalui ECU menuju indikator MIL tanpa mempengaruhi fungsi lain yang terdapat di speedo.

Baca: Wiring Diagram Speedometer Vixion Lightning

Seperti masbro Anton tulis dalam blognya, speedo Vixion Advance menggunakan metode baru dalam menampilkan adanya kerusakan/ketidakberesan sensor yang ada pada motor. Bukan lagi melalui indikator MIL melainkan melalui kode nomor yang dikirimkan ECU.

Selengkapnya baca : Kode Error Speedo Vixion Advance

Jadi sodara, kedua speedo Vixion ini mempunyai perbedaan yang mencolok. Terlebih lagi ECU yang digunakan Vixion Advance berbeda dengan Vixion Lightning. Terus jawabannya apakah bisa Speedo Vixion Advance dipasang pada motor Vixion Lightning?

Jawabannya: TIDAK BISA JIKA tidak mengganti ECU dan Kabel Bodi milik New Vixion Advance di New Vixion Lightning. Jangan tertipu dengan omongan pedagang sodara. Bentuk sama, soket sama, pasti bisa dipasang di Vixion Lightning, itu biar dagangan cepat laku sodara. Memang benar, soketnya sama bentuknya sama tapi wiring diagram pin out-nya sudah sangat berbeda.

Karena speedo Vixion Advance menampilkan dengan kode nomor tersebut, ada satu jalur pin out di speedo yang terhubung dengan ECU untuk memberikan input dan output. Apabila jalur ini tidak terhubung sebagaimana mestinya, maka speedo Vixion Advance akan menampilkan kode error Er_1.

Selengkapnya baca : Kode Er_1 Speedo Vixion Advance

Bagaimana kalo NVL diganti ECU milik Vixion Advance?

Seperti yang sudah dikatakan di atas, speedometer New Vixion Advance ini akan berfungsi ketika diaplikasikan di New Vixion Lightning dengan mengganti ECU dan kabel bodi milik Vixion Advance. Tentunya ada perubahan yang harus disesuaikan, misalnya jalur RPM dan sensor speedo. Di Vixion Lightning jalur RPM dan sensor speedo langsung masuk ke speedometer, lain di Vixion Advance. Kedua jalur tersebut masuk dulu ke ECU baru masuk ke speedometer.

Semua akan kembali pada mekanik yang memasang, bisa atau tidak. Sekian update kali ini sodara. Jangan kemana-mana, kunjungi Blog Garasi Modifikasi untuk update terbaru. Tetap minum kopi biar tetap semangat, terima kasih, dan semoga bermanfaat.

Soewardono Pinpin
Staff Redaksi at Blog Garasi Modifikasi
Seorang sederhana ini baru saja kenal dengan dunia wordpress, belajar divi theme, sampai ketagihan dengan secangkir kopi...