Garasi Modifikasi – Halo sodara. Topik kali ini adalah Aplikasi ACG Starter Honda Beat FI di Motor Lain. Seperti biasa, sebelum lebih jauh mari simak beberapa penampakan berikut ini :

 

Pemasangan ACG Starter bukan hal baru di Garasi Modifikasi atau Ron’s Project. Sudah banyak motor yang menggunakan ACG Starter dari tangan om Roni RMS. Penggunaan ACG Starter di motor lain menjadi kian favorit di kalangan pecinta modifikasi motor terutama motor kelas lama alias jaman old seperti Honda GL, Yamaha RX-King, Kawasaki Ninja 2-tak, dan yang lainnya.

 

Subscribe Youtube Channel

 

Dari sekian banyak motor, om Roni RMS selalu menggunakan ACG Starter milik Honda Vario 125. Namun belakangan om Roni RMS mulai menggunakan ACG Starter milik Honda Vario 150 yang lebih powerful dan semakin stabil ketika diaplikasikan di motor lain. Ada satu motor lagi yang menggunakan ACG Starter yaitu Honda Beat FI termasuk semua variannya. Kemudian pertanyaannya adalah…

Apakah ACG Starter Honda Beat FI bisa diaplikasikan di motor lain?

Nah pertanyaan ini banyak yang masuk ke redaksi Blog Garasi Modifikasi sekalian menjawab pertanyaan dari sobat blog. Belakangan banyak sekali yang menjual satu set perlengkapan untuk pemasangan ACG Starter Honda Beat FI ini. Memang harganya lebih murah sedikit dibandingkan milik Honda Vario 125 atau Honda Vario 150. Sodara bisa cari di toko online maupun di pasar loak tergantung dari kebiasaan sodara. Sebagai catatan, semua barang tersebut adalah bekas.

Menjawab pertanyaan apakah bisa, maka jawabannya adalah BISA DENGAN CATATAN. Jadi tidak semua motor bisa menggunakan ACG Starter Honda Beat FI ini. Motor lain yang bisa menggunakan ACG Starter Honda Beat FI ini adalah motor yang spesifikasi mesin, seperti tingkat kepadatan, kompresi, tidak boleh melebihi standar Honda Beat FI. Sudah pasti tidak bisa dipasang ketika motor sodara lebih dari 110cc.

Contoh sederhana, sodara memiliki motor Honda GL 100 yang masih standar pabrikan dan tidak ada perubahan apapun maka bisa menggunakan ACG Starter Honda Beat FI tersebut. Tapi ketika Honda GL 100 tersebut sudah upgrade ke 125 milik Honda GL Max, bisa dipastikan tidak bisa menggunakan ACG Starter Honda Beat FI dan harus menggunakan menggunakan ACG Starter milik Honda Vario 125 atau 150.

Lihat juga: Modifikasi Honda GL 100 Injeksi

Karena catatan tersebut, meskipun harga satu set ACG Starter Honda Beat FI lebih murah namun dengan tingkat kesulitan pemasangan ACG Starter Honda Beat FI yang sama, jasa pemasangan yang sama, maka sodara pikirkan kembali untuk menggunakan ACG Starter Honda Beat FI ini. Dengan selisih harga sekitar 1 juta lebih mahal sodara sudah bisa memasang ACG Starter Honda Vario 150 yang lebih powerful dan lebih stabil ketika diaplikasikan di motor lain.

Pemasangan ACG Starter Honda Beat FI juga pernah dikerjakan oleh om Roni RMS yaitu pada Mio Soul Karbu 115cc. Setelah pemasangan ACG Starter Honda Beat FI tersebut, om Roni RMS lebih merekomendasikan memasang ACG Starter milik Honda Vario 125 dan kini Honda Vario 150. Hingga artikel ini diturunkan, om Roni RMS sedang melakukan pemasangan ACG Starter Honda Vario 150 di Honda Vario 110 Karbu milik saya.

Apabila sodara tertarik untuk melakukan modifikasi pemasangan ACG Starter di motor kesayangan sodara, dana yang perlu disiapkan sekitar 4,5 juta. Harga tersebut adalah harga hari ini, bisa berubah seiring berjalannya waktu. Bila sodara domisili di Kota Surabaya silahkan langsung menuju Ron’s Project dengan om Roni RMS untuk pengerjaan modifikasi maupun yang lain seperti servis rutin.

Sekian dulu sodara untuk topik kali ini tentang Aplikasi ACG Starter Honda Beat FI di Motor Lain. Kunjungi terus Blog Garasi Modifikasi untuk update terbaru tentang modifikasi motor. Tetap minum kopi ya sodara agar tetap semangat dalam bermodifikasi, terima kasih, dan semoga bermanfaat.

 

Anton Gunawan
Staff Redaksi at Blog Garasi Modifikasi
Seorang sederhana yang menyukai travelling, camping, sampai dengan dunia modifikasi motor. Bukan seorang blogger apalagi vlogger, hanya berbagi...