Garasi Modifikasi – Halo sodara. Masih tentang speedometer sodara karena menyambung artikel sebelumnya dan topiknya adalah Aplikasi Speedometer All New Vixion R di Vixion Generasi Sebelumnya. Seperti biasa sodara, simak dulu beberapa penampakan berikut ini :

Motor Vixion sudah beredar dalam beberapa generasi. Generasi Vixion yang pertama lebih dikenal dengan nama Old Vixion disingkat Ovi. Dilanjutkan generasi kedua adalah New Vixion Lightning. Berlanjut pada generasi ketiga adalah New Vixion Advanced, dan yang terakhir serta baru saja beredar adalah All New Vixion dan All New Vixion R 2017.

Setelah artikel Eksperimen Sukses Speedo New Vixion R di NVL, banyak sekali pertanyaan yang masuk ke redaksi seputar bagaimana pemasangan dan penyesuaian yang diperlukan agar Speedometer All New Vixion R di Vixion generasi sebelumnya bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Karena memang Speedometer All New Vixion R sudah mengusung full digital dan sangat berbeda dengan generasi sebulumnya.

Lihat juga: Wiring Diagram Speedometer All New Vixion R atau R15 v3.0 Soket Pinout

Pertama, Speedometer All New Vixion R di Vixion Pertama (Old Vixion)

Ini yang paling mahal dan paling banyak membutuhkan penyesuaian. Karena speedometer masih analog dan masih menggunakan gearbox depan untuk kecepatan di speedometer. Jadi sodara harus mengganti ECU milik NVA, kabel bodi NVA, dan sensor speedo yang mengikuti putaran mesin. Semuanya itu tidak bisa Plug and Play alias PNP dan masih membutuhkan penyesuaian jalur kabel baik di ECU maupun di speedometer All New Vixion.

Kedua, Speedometer All New Vixion R di Vixion Kedua (NVL)

Sedikit lebih mudah dan lebih murah, karena sodara hanya membutuhkan pergantian di ECU NVA dan kabel bodi milik NVA. Sama halnya dengan di Old Vixion, semua masih membutuhkan jalur penyesuaian di ECU dan speedometer. Tidak bisa PNP sodara…

Ketiga, Speedometer All New Vixion R di Vixion Ketiga (NVA)

Sudah dijelaskan di atas, bahwa ECU dan kabel bodi yang digunakan milik NVA maka untuk di motor NVA sendiri hanya membutuhkan penyesuaian jalur baik di ECU maupun di speedometernya. Sekali lagi tidak bisa PNP sodara…

Terakhir adalah tentang harga yang harus dibayar. Harga untuk ECU NVA berada di kisaran 600 ribu sodara sedangkan harga kabel bodinya juga berada di kisaran 400 ribu. Kalau misalnya dijual di pasar loak biasanya dipaket dan jatuhnya harga lebih murah. Sedangkan sensor speedo bisa menggunakan milik NVL atau NVA yang lebih ramah di kantong.

Bagi sodara yang berdomisili di Surabaya dan sekitarnya silahkan langsung ke bengkel om Roni RMS di Ron’s Project untuk melakukan modifikasi Speedometer All New Vixion R di Vixion kesayangan sodara. Untuk jasa pemasangan silahkan langsung menghubungi om Roni RMS. Yang pasti siapkan dana lebih untuk memastikan speedometer bisa terpasang dan berfungsi dengan sebagaimana mestinya.

Sebelum diakhiri, simak dulu video singkat Eksperimen Sukses Speedo New Vixion R di NVL berikut ini :

 

Subscribe Youtube Channel

 

Sekian dulu update kali ini tentang Aplikasi Speedometer All New Vixion R di Vixion Generasi Sebelumnya. Nantikan terus perkembangan pemasangan speedometer All New Vixion R ini hanya di Blog Garasi Modifikasi. Tetap minum kopi biar tidak ada salah paham, tetap semangat, terus bermodifikasi, terima kasih, dan semoga bermanfaat.

 

 

Anton Gunawan
Staff Redaksi at Blog Garasi Modifikasi
Seorang sederhana yang menyukai travelling, camping, sampai dengan dunia modifikasi motor. Bukan seorang blogger apalagi vlogger, hanya berbagi...