Garasi Modifikasi – Halo sodara. Kembali lagi pada topik tentang speedometer. Kali ini topik yang dibahas adalah Arti Kode Er Speedometer Yamaha. Seperti biasa, sebelum lebih jauh mari simak penampakan berikut ini :

Kredit Foto: Yahya Tri P (Kode Er_2 NVA)

Beberapa waktu lalu, saya berbagi tentang kode Er_1 di Speedometer NVA karena ketika itu masih banyak yang antusias menggunakan speedometer NVA di motor lain. Setelah saya menulis kode Er_1, akhirnya banyak yang mengurungkan niatnya untuk memasang speedometer NVA dan kembali ke speedometer NVL untuk dipasang di motor lain.

Harapan saya, tidak akan lagi yang bertanya tentang kode Er di Speedometer Yamaha. Karena kode Er adalah kode yang berkaitan dengan ECU di motor pabrikan Yamaha keluaran baru. Ternyata beberapa waktu lalu, saya menerima pertanyaan dari masbro Yahya, sobat Blog Garasi Modifikasi tentang kode Er_2. Biar sodara tahu semua, saya akan bagikan semua kode Er di speedometer Yamaha.

Speedometer Yamaha di sini dalam arti luas. Tidak hanya di Yamaha New Vixion Advance (NVA), bisa jadi kode Er di Speedometer Yamaha yang lain seperti Yamaha NMAX atau motor pabrikan Yamaha yang lain yang sudah menggunakan ECU dan sudah menampilkan kode Er di Speedometer Yamaha tersebut.

Lihat juga: Kode Error di Speedometer Yamaha NMAX

Jadi kode Er di Speedometer Yamaha ada 4 macam, yaitu Er_1, Er_2, Er_3, dan Er_4. Masing-masing memiliki arti yang sama dan berbeda. Sama adalah adanya masalah dengan ECU dan bedanya adalah sebagai berikut :

  • Er_1 adalah tidak ada sinyal dari ECU (99% ECU rusak)
  • Er_2 adalah tidak ada respon dari ECU (tidak ada sinyal yang diterima lebih dari satu durasi yang ditentukan)
  • Er_3 adalah sinyal error dari ECU (jarang terjadi)
  • Er_4 adalah sinyal tidak dikenal dari ECU (jarang terjadi)

Ada beberapa penyebab sampai muncul kode Er di Speedometer Yamaha ini adalah sebagai berikut :

  1. Periksa kondisi konektor
  2. Konslet atau hubungan pendek di jalur kabel
  3. Speedometer-nya rusak
  4. ECU minta ganti

Contoh sederhana seperti yang dialami oleh masbro Yahya. Speedometer Yamaha New Vixion Advance muncul kode Er_2. Kode Er_2 diartikan bahwa tidak ada respon dari ECU. Hal ini belum tentu ECU-nya yang rusak. Bisa saja konektor ECU dan Speedo kurang pas, bisa jadi konslet mungkin karena hujan atau yang lain, atau memang speedometernya yang tidak memberi respon ke ECU, dan kemungkinan terakhirnya adalah ECU-nya rusak sodara.

Kode Er_3 dan Er_4 jarang terjadi dalam kondisi normal atau motor hanya dipakai sehari-hari. Kode ini akan muncul kalo sodara sudah main ECU yang dioprek secara otodidak. Istilah kerennya pak-pak-tung, gak tepak buntung hehe.. Kalo beruntung masih muncul Er_3 dan Er_4. Kalo yang muncul Er_1, ya sudah selesai masa jabatan ECU yang lama, saatnya ganti ECU baru.

Lihat juga: Wiring Diagram Speedometer New Vixion Advance

Untuk memastikan itu semua, sodara harus membawa motor Yamaha kesayangan ke Dealer Resmi Yamaha. Alat pendeteksi fungsi ECU hanya ada di Dealer Resmi Yamaha dan teknisi yang menangani sudah mendapat pelatihan khusus tentang ECU dan kelistrikan seperti ini.

Jadi gimana sodara? Masih mau bermain api dengan ECU? Satu hal yang perlu saya ingatkan, kelistrikan di motor Yamaha sangat beresiko. Ketika terjadi hubungan pendek atau berbeda arus atau voltase atau yang lain maka yang terjadi adalah selesai sudah ECU dan komponen kelistrikan yang terhubung. Istilah gampangnya adalah komponen Yamaha tidak dilengkapi dengan pelindung apabila terjadi kegagalan. Selesai masalah, ganti baru sodara hahaha…

Satu hal, semua ini yang dibahas speedometer dan ECU untuk motor masing-masing, tidak dipasang di motor lain. Jadi kesimpulannya adalah speedometer yang bisa menampilkan kode Er tidak bisa diaplikasikan di motor lain karena ketergantungan terhadap ECU-nya. Apabila ECU-nya juga diikutsertakan di motor lain maka speedometer bisa berjalan dengan segala kerumitan dan penyesuaian yang harus dilakukan.

Sebelum diakhiri ada baiknya simak dahulu video singkat Speedometer All New Vixion R 155 di Honda GL 100 berikut ini :

 

Subscribe Youtube Channel

 

Demikian update kali ini tentang Arti Kode Er di Speedometer Yamaha. Kunjungi terus Blog Garasi Modifikasi untuk update terbaru tentang modifikasi motor. Tetap minum kopi biar tidak ada salah paham, terima kasih, dan semoga bermanfaat.

 

Anton Gunawan
Staff Redaksi at Blog Garasi Modifikasi
Seorang sederhana yang menyukai travelling, camping, sampai dengan dunia modifikasi motor. Bukan seorang blogger apalagi vlogger, hanya berbagi...