Garasi Modifikasi – Kembali lagi membahas motor matic yang spektakuler dari pabrikan Yamaha dengan topik Auto Switch Modifikasi Lampu Jok Yamaha NMAX. Seperti biasa, sebelum lebih jauh dibahas mari bersama simak penampakan berikut ini :

Dikatakan Auto Switch pada modifikasi Lampu Jok Yamaha NMAX karena ada saklar otomatis yang bisa hidup atau mati dengan otomatis. Biar lebih jelas dan gamblang mari sejenak lihat video singkat Auto Switch Modifikasi Lampu Jok Yamaha NMAX di bawah ini :

 

Subscribe Youtube Channel

 

Sebenarnya modifikasi Lampu Jok Yamaha NMAX ini sudah banyak yang melakukan dan terlalu mainstream. Banyak sekali ditemui di blog tetangga maupun di sosial media lainnya. Namun kali ini ada sedikit perbedaan. Perhatikan video tersebut dengan seksama sodara.

Tepat sekali. Lampu Jok akan menyala ketika tempat duduk/jok terbuka sepenuhnya atau lebih tepatnya 90% jok terbuka maka lampu jok akan menyala. Demikian juga sebaliknya, jika sodara menutup kurang dari 90% maka lampu jok akan padam dengan sendirinya. Apabila kembali dibuka secara penuh maka lampu jok kembali menyala dengan otomatis.

Sudah tahu perbedaannya sodara? Tepat sekali, perbedaan dari modifikasi Lampu Jok Yamaha NMAX adalah letak switch yang mungkin atau bahkan sodara sendiri tidak tahu dimana letaknya. Tentu hal ini ada maksud dan tujuannya. Simak alasan berikut ini sodara :

Pertama, karena modifikasi Lampu Jok Yamaha NMAX ini sudah mainstream, jadi biar tidak terlalu mainstream lagi, dengan perbedaan letak switch bisa menjadi sedikit di luar dari yang biasa dipasang. Masih bingung sodara dimana letak switch-nya? Hehehe…

Kedua, untuk menghindari kerusakan switch yang berdampak pada aki tekor. Modifikasi Lampu Jok Yamaha NMAX dengan cara seperti video di atas dapat memudahkan apabila ada kerusakan switch.

Dengan frekuensi buka tutup jok, maka kerusakan bisa langsung terdeteksi tanpa menunggu aki tekor terlebih dahulu. Mudah saja untuk mendeteksi, ketika jok baru dibuka dan lampu jok sudah menyala maka bisa dipastikan switch mengalami kerusakan.

Bahkan bisa dikatakan lebih aman ketika kerusakan switch menyebabkan lampu jok tetep padam walaupun pada kondisi jok terbuka penuh. Kalo seperti ini ada dua kemungkinan, switch yang rusak atau memang lampunya yang minta ganti. Gitu ya sodara…

Lihat juga: Modifikasi Yamaha NMAX Dengan Stiker

Bagasi Yamaha NMAX tergolong sangat lega. Selain modifikasi lampu jok Yamaha NMAX, alternatif modifikasi tambahan di dalam bagasi adalah memasang alat charger seperti yang saya lakukan pada motor saya King Vario. Ini kembali pada kreatifitas sodara dalam hal modifikasi untuk charger. Bisa menggunakan alat charger portable dengan dua output kemudian dipasang saklar tersendiri tanpa merusak bagasi.

Modifikasi Lampu Jok Yamaha NMAX ini dikerjakan sendiri oleh om Roni RMS di garasinya sambil nongkrong dan tentunya minum kopi biar tidak ada salah paham sehingga modifikasi jalan terus. Bagi sodara yang ingin memasang modifikasi seperti ini bisa langsung ke Ron’s Project dan ketemu dengan sang mekanik.

Demikian update kali ini tentang Auto Switch Modifikasi Lampu Jok Yamaha NMAX. Kunjungi terus Blog Garasi Modifikasi untuk update terbaru tentang modifikasi motor. Jangan lupa dengan secangkir kopi sodara, karena dari secangkir kopi tersebut bermunculan ide-ide dalam modifikasi motor. Terima kasih dan semoga bermanfaat…

 

 

 

Anton Gunawan
Staff Redaksi at Blog Garasi Modifikasi
Seorang sederhana yang menyukai travelling, camping, sampai dengan dunia modifikasi motor. Bukan seorang blogger apalagi vlogger, hanya berbagi...