Garasi Modifikasi – Halo sodara. Kembali lagi ke topik tentang modifikasi speedometer. Kali ini yang dibahas tentang eksperimen pada Speedometer Honda Sonic Fi untuk dipasang di motor lain. Seperti biasa, sebelum lebih jauh mari cekidot penampakan berikut ini :

Sebenarnya ada beberapa hal yang melatarbelakangi mengapa akhirnya kami melakukan eksperimen terhadap speedometer Honda Sonic Fi agar bisa dipasang di motor lain.

Pertama. Beberapa dari kami, termasuk om Roni RMS mengakui bahwa memasang speedometer Honda CB150R Facelift sudah banyak dilakukan. Pemasangannya pun cukup mudah dengan beberapa penyesuaian termasuk wiring pin-out soket speedometer. Ketika sodara bertanya pada Om Google, sudah banyak motor baik yang baru maupun lama sudah menggunakan speedometer Honda CB150R Facelift ini. Jadi mau pakai speedometer ini, wes pasaran broo, pucing pala berbie

Kedua. Kami termasuk saya dan om Roni RMS “bosan” dengan speedometer NVL. Pemasangan speedometer NVL seperti barang wajib ketika melakukan modifikasi. Speedometer NVL sudah bukan barang wah bagi kami bahkan sudah hampir usang dan jamuran. Hampir menyerupai dengan Holder Bajaj yang merajalela ketika melakukan modifikasi untuk motor sporty dan sistem kelistrikan Fullwave yang menjadi gerbang masuk untuk melakukan modifikasi. Jadi perlu variasi speedometer baru untuk dipasang di motor kesayangan kami.

Ketiga. Masbro Abi, pemilik Honda Tiger Revo Asimetris yang pertama menyebut ide untuk memasang speedometer Honda Sonic di motor kesayangannya. Gayung pun disambut masbro Kelpo, pemilik motor CS1 yang sedang melakukan proses modifikasi ke tahap berikutnya juga berminat memasang speedometer Honda Sonic di motor CS1 kesayangannya. Saya pun angkat bicara, kalo speedometer Honda Sonic harus mengganti warna LED jadi putih biar semakin mantab. Akhirnya bang Roni pun ikut nimbrung dengan omong kosong kami tentang speedometer Honda Sonic ini.

Keempat. Apabila sodara bertanya pada Om Google tentang Wiring Diagram Speedometer Honda Sonic maka bisa dipastikan tidak atau belum ada yang membahas. Om Google malah menampilkan Wiring Diagram Speedometer milik motor lain yang tak lain tak bukan adalah Yamaha NVL atau Honda CB150R Facelift dan sejenisnya. Jadi kalo sodara bertanya, bagaimana Wiring Diagram Speedometer Honda Sonic Fi maka jawabannya adalah tunggu tanggal mainnya hehehe…

Atas dasar empat hal di atas tersebut, akhirnya om Roni RMS melakukan eksperimen terhadap speedometer Honda Sonic untuk dipasang di motor lain. Sudah barang pasti, eksperimen dilakukan sambil nongkrong bareng di Ron’s Project dan minum kopi biar tetap semangat untuk terus bermodifikasi.

Beberapa hal yang harus diselidiki lebih dalam agar speedometer Honda Sonic Fi ini dapat berfungsi normal ketika dipasang di motor lain :

Pertama, jelas dan yang utama adalah sensor kecepatan agar bisa seakurat motor aslinya. Bagaimana aplikasinya, sensor kecepatan motor apa saja yang bisa digunakan, dan sejenisnya. Kedua, soket speedometer. Jumlah pin yang ada di speedometer sebanyak 24 pin. Masih dicari tau soket speedo apa yang sama dengan speedometer Honda Sonic ini atau harus melakukan modifikasi sendiri biar bisa dipasang soketnya. Yang pasti, soket speedometernya berbeda dengan Honda Supra X 125, Honda Karisma, bahkan Honda CS1 pun berbeda.

Lihat juga: Wiring Diagram Speedometer Honda Sonic FI

Speedometer Honda Sonic Fi ini juga tidak terlalu mahal. Dijual di kisaran harga 500-600 ribu. Tentu harga tersebut belum termasuk ongkos. Jadi kalo dompet lagi bolong jangan memaksakan untuk modifikasi seperti ini. Sekarang ini eksperimen terus dilakukan. Nanti kalo sudah ada yang pasang speedometer Honda Sonic ini di motor kesayangan, pasti saya akan publikasi lebih lanjut.

Cukup sekian update kali ini tentang eksperimen Speedometer Honda Sonic Fi untuk dipasang di motor lain. Kunjungi terus Blog Garasi Modifikasi untuk update terbaru tentang modifikasi motor. Tetap minum kopi ya sodara biar tidak ada salah paham. Terima kasih dan semoga bermanfaat…

 

 

 

Anton Gunawan
Staff Redaksi at Blog Garasi Modifikasi
Seorang sederhana yang menyukai travelling, camping, sampai dengan dunia modifikasi motor. Bukan seorang blogger apalagi vlogger, hanya berbagi...