Garasi Modifikasi – Halo sodara. Setelah dibahas Wiring Diagram Speedometer New Vixion R atau R15 v3.0, kali ini yang dibahas adalah Eksperimen Sukses Speedo New Vixion R di NVL. Seperti biasa sodara, simak dulu beberapa penampakan berikut ini :

Biar lebih jelas simak dulu video singkat eksperimen sukses speedo New Vixion R di NVL :

 

Subscribe Youtube Channel

 

Dari artikel sebelumnya, eksperimen terhadap speedo New Vixion R ini memang terus dilakukan. Di video sebelumnya, eksperimen speedo New Vixion R ini dipasang di Yamaha NMAX. Eksperimen berlanjut pada motor Yamaha NVL yang sudah disesuaikan jalur speedometer dan ECU yang digunakan.

Lihat hasilnya sodara…. Eksperimen Speedo New Vixion R di NVL sukses. Semua fungsi di speedo New Vixion R di NVL berjalan normal. Hanya saja karena ini eksperimen maka pemasangan speedo New Vixion R di NVL seadanya. Hanya saja kekurangan dari NVL adalah tidak ada angka penunjuk gigi, jadi untuk itu diperlukan penyesuaian lebih lanjut.

Lihat juga: Wiring Diagram Speedometer All New Vixion R Pinout Soket

Bisa terlihat di video singkat tersebut bahwa sentuhan gigi atau sensor speedo antara NVL dengan New Vixion R adalah 99% akurat. Ini berarti tidak membutuhkan penyesuaian lebih lanjut. Sayangnya ketika video ini dibuat, indikator bahan bakar tidak terpasang jadi belum bisa dipastikan sama atau tidak.

Melalui video singkat di atas, maka bisa dipastikan Speedo New Vixion R dapat dipasang ke motor Yamaha New Vixion Lightning. Ini merupakan kabar baik bagi sodara yang memiliki motor NVL dan ingin mengganti speedo milik New Vixion R. Kabar buruknya adalah penyesuaian yang harus dilakukan tidak ramah di kantong sodara.

Secara soket speedo adalah sama. Tapi sayangnya speedo New Vixion R TIDAK BISA DI PNP ke NVL. Banyak sekali perubahan jalur sebagai penyesuaian. Salah satunya yang paling mendasar adalah penggantian ECU dan speedometer. Kalo sodara di Surabaya atau sekitarnya lebih baik langsung ke Ron’s Project.

Apakah speedo New Vixion R bisa dipasang di motor lain?

Karena membutuhkan ECU agar speedo New Vixion R berfungsi sebagaimana mestinya, maka masih diperlukan eksperimen-eksperimen berikutnya agar bisa diaplikasikan di motor lain. Di artikel selanjutnya akan dibahas aplikasi speedometer All New Vixion R di Vixion generasi sebelum-sebelumnya, mulai dari Old Vixion sampai dengan New Vixion Advanced.

Bagi sodara yang tertarik menggunakan speedo New Vixion R dan berdomisili di Surabaya dan sekitarnya silahkan datang ke Ron’s Project untuk bertemu langsung dengan bang Roni RMS. Bagi yang ingin konsultasi gratis silahkan ke tetangga sebelah dan sodara mendapat ucapan terima kasih hahaha…

Video sebelumnya : Eksperimen Speedo New Vixion R di NMAX

 

Subscribe Youtube Channel

 

Sekian dulu ya sodara untuk update kali ini tentang Eksperimen Sukses Speedo New Vixion R di NVL. Jangan kemana-mana tetap di Blog Garasi Modifikasi untuk update terbaru tentang modifikasi motor karena eksperimen terus berjalan. Tetap minum kopi biar tidak ada salah paham, terus bermodifikasi, terima kasih, dan semoga bermanfaat.

 

 

Anton Gunawan
Staff Redaksi at Blog Garasi Modifikasi
Seorang sederhana yang menyukai travelling, camping, sampai dengan dunia modifikasi motor. Bukan seorang blogger apalagi vlogger, hanya berbagi...