Garasi Modifikasi – Halo sodara. Kali ini topiknya tentang peluncuran motor baru Yamaha yaitu All New Soul GT dan Mio M3. Kedua motor tersebut mengusung teknologi baru yaitu SSS (Stop Start System). Seperti biasa, sebelum diulas lebih lanjut mari simak beberapa penampakan berikut ini :

 

Fitur serupa sudah diperkenalkan oleh Honda melalui teknologi ISS (Idling Stop System) yang kini sudah bisa dinikmati oleh masyarakat umum melalui Honda Beat dan sekelasnya. Tak mau kalah dengan Honda, Yamaha baru saja mengeluarkan 2 motor yang mengusung teknologi serupa yaitu SSS melalui All New Soul GT dan Mio M3.

Fitur SSS ini akan membuat mesin mati ketika berhenti dalam hitungan detik dan tinggal tarik gas saja mesin akan kembali menyala dan berjalan seperti biasa. Melihat cara kerjanya yang mirip, bisa dikatakan fitur SSS ini mirip dengan fitur ISS. Hanya saja fitur SSS lebih kekinian dari fitur ISS milik Honda. Apakah bisa dikatakan mirip dengan ISS, berikut cara kerjanya fitur SSS Yamaha.

Lihat juga: Kunci Kontak Yamaha Fino 125 Sebagai Pelengkap Modifikasi

Cara kerja fitur SSS Yamaha ini juga sangat mudah. Pastikan tombol SSS dalam posisi ON. Kondisi kendaraan sudah berhenti, maksimal 10km/jam. Suhu mesin minimal 60 derajat celcius. Putaran mesin dalam kondisi normal sekitar 1700rpm. Fitur SSS akan aktif ketika motor berhenti selama 3 detik dan handle gas tertutup penuh alias tidak di-gas. Mesin akan mati secara otomatis dan indicator SSS di speedometer akan berkedip. Setelah sodara gas lagi, maka mesin akan menyala kembali.

Jika melihat cara kerja fitur SSS Yamaha ini, ada beberapa komponen FI yang juga menentukan. Pertama pasti control dari ECU, kemudian Sensor panas mesin (Thermo Sensor), Sensor kecepatan (Speedo), Sensor Throtle (Throtle Position Sensor), saklar On/Off SSS, dan terakhir panel indicator SSS di speedometer.

Kedua motor tersebut juga dilengkapi dengan fitur AKS atau Advanced Key System. Dilengkapi dengan Answer Back System agar mudah mencari di parkir dan Auto Open Key Shutter dengan cara menekan tombol pada kunci selama 2 detik untuk membuka lubang kunci otomatis dan lampu pada lubang kunci akan menyala. Ini serupa dengan kunci kontak milik Yamaha New Fino.

Untuk kelistrikan, satu hal yang pasti adalah aki menjadi lebih besar. Dari semula hanya 3A, kini dengan mengusung teknologi SSS aki menjadi 5A. Karena masih baru, belum ada yang ke garasi maka belum diketahui sistem kelistrikan sudah fullwave atau masih halfwave. Tunggu aja update berikutnya untuk mengetahui lebih lanjut Fitur SSS Yamaha.

Baca: Modifikasi Fullwave Motor Yamaha

Akan lebih seru kalo fitur SSS Yamaha ini bisa dipasang di motor lain hahaha… Sekian sodara update kali ini tentang Fitur SSS Yamaha: Mirip dengan ISS. Kunjungi Blog Garasi Modifikasi untuk update terbaru tentang modifikasi motor. Tetap minum kopi sodara biar tetap semangat, terima kasih, dan semoga bermanfaat.

 

 

Soewardono Pinpin
Staff Redaksi at Blog Garasi Modifikasi
Seorang sederhana ini baru saja kenal dengan dunia wordpress, belajar divi theme, sampai ketagihan dengan secangkir kopi...