Garasi Modifikasi – Halo sodara. Kali ini saya sedikit berbicara tentang kemudahan modifikasi Honda Supra X 125. Motor bebek sejuta umat dari pabrikan Honda ini memang bukan barang baru lagi. Sebelum lebih jauh, mari bersama simak penampakan berikut ini :

 

Sebenarnya yang memiliki Honda Supra X 125 yang biasa disingkat HSX 125 cukup diuntungkan dengan teknologi yang melekat pada motor. Mirip dengan Honda Karisma, namun Honda Supra X 125 lebih diterima oleh pasar tanah air kita tercinta.

Untuk modifikasi Honda Supra X 125 juga demikian. Karena sudah diuntungkan dengan teknologi yang melekat, jadi banyak kemudahan-kemudahan untuk modifikasi Honda Supra X 125 tersebut. Sebut saja teknologi speedometer yang sudah menganut sistem digital. Meskipun desain masih sederhana dan tanpa RPM, tetapi teknologi yang diusung belum usang dan tergolong baru.

Sama halnya dengan Honda Karisma, sensor kecepatan mengikuti putaran pada mesin. Dimana saat ini, hampir semua motor keluaran baru menempatkan sensor kecepatan pada putaran mesin. Tidak analog seperti dulu yang mengikuti putaran roda depan. Demikian juga dengan sistem kelistrikan yang mirip dengan Honda Karisma.

Honda Supra X 125 terbaru sudah dilengkapi dengan rem cakram pada roda belakang. Ini yang menjadi pembeda dengan Honda Karisma maupun Honda Supra X 125 seri sebelumnya. Hal tersebut tanpa disadari sudah memudahkan secara modifikasi Honda Supra X 125.

Jadi apa saja kemudahan lain dari modifikasi Honda Supra X 125?

Kemudahan modifikasi Honda Supra X 125 yang pertama adalah sistem kelistrikan. Honda Supra X 125 masih menganut sistem kelistrikan halfwave. Sedangkan modifikasi kelistrikan yang sering digunakan saat ini adalah Fullwave. Bisa dikatakan kelistrikan fullwave adalah gerbang masuk dalam melakukan modifikasi motor.

Cara melakukan modifikasi kelistrikannya pun ada dua cara. Pertama, Full-DC dengan tetap menggunakan kiprok standar tetapi jalurnya yang diubah. Cara ini pernah diulas pada artikel Full-DC Honda Karisma. Cara lainnya adalah mengganti kiprok standar dengan kiprok Tiger, menganut sistem fullwave.

Lihat juga: Modifikasi Fullwave Honda Supra X 125

Lihat juga: Full-DC Honda Karisma

Kedua. Kemudahan modifikasi Honda Supra X 125 berikutnya terletak pada speedometer dan sensor kecepatannya. Tercatat beberapa speedometer digital keluaran motor lain bisa dipasang pada Honda Supra X 125, seperti Speedometer NVL dan speedometer Honda CB150R Facelift. Dimana kedua soket speedometer ini sama persis dengan Honda Supra X 125.

Tentunya tidak bisa plug and play. Harus ada penyesuaian kabel jalur dan sejenisnya. Apabila menggunakan speedometer NVL ada selisih kecepatan sekitar 10% lebih cepat NVL. Jika menggunakan speedometer CB150R Facelift maka akurasi kecepatannya sekitar 99.9% alias sangat akurat.

Lihat juga: Wiring Diagram Speedometer Vixion Lightning

Lihat juga: Wiring Diagram Speedometer Honda CB150R Facelift

Selanjutnya sodara bisa memasang aksesoris yang berguna seperti mengganti lampu biasa dengan lampu HID atau pun lampu LED. Kesemuanya itu tentu tidak lepas dari kebutuhan dan kemudahan modifikasi Honda Supra X 125. Semua kembali pada kantong sodara, kalo masih bolong jangan dipaksa sampai BPKB-nya ikut sekolah hehehe…

Sekian dulu update untuk kali ini tentang Kemudahan Modifikasi Honda Supra X 125. Kunjungi terus Blog Garasi Modifikasi untuk update terbaru tentang modifikasi motor. Tetap minum kopi ya sodara biar tetap semangat. Terima kasih dan semoga bermanfaat…

 

 

 

Soewardono Pinpin
Staff Redaksi at Blog Garasi Modifikasi
Seorang sederhana ini baru saja kenal dengan dunia wordpress, belajar divi theme, sampai ketagihan dengan secangkir kopi...