Garasi Modifikasi – Halo sodara. Topik modifikasi kali ini masih seputar motor saya yaitu Modifikasi Vario Techno 110 Pakai Speedometer Vixion Lightning. Sebelum lebih lanjut, ada baiknya simak terlebih dahulu beberapa penampakan hasil modifikasi Vario Techno 110 berikut ini :

 

Bisa dikatakan modifikasi Vario Techno 110 menggunakan speedometer Vixion Lightning (NVL) berawal dari ketidaksengajaan. Saya sudah membeli speedometer digital KOSO yang khusus untuk Honda Vario 110 ini. Namun tidak diduga yang datang ternyata speedometer digital milik Yamaha Mio. Setelah kejadian tersebut, akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan speedometer Vixion Lightning.

Pemasangan speedometer Vixion Lightning tersebut membutuhkan banyak penyesuaian. Penyesuaian dilakukan agar speedometer Vixion Lightning dapat berjalan akurat sebagaimana mestinya di motor Honda Vario 110 ini. Mulai dari pemasangan sensor speedo milik Yamaha NVL, RPM, penyesuaian lampu indikator, dan indikator bensin.

Lihat juga: Wiring Diagram Speedometer Vixion Lightning

Sensor speedo dipasang dengan mengikuti putaran roda depan. Belum menemukan jumlah gigi yang tepat sehingga kecepatan yang muncul di speedometer menjadi lebih cepat. Artinya jumlah gigi atau sentuhan yang dibaca oleh sensor speedo terlalu banyak. Hal yang sama terjadi pada RPM. RPM berjalan lebih cepat 2x lipat dari yang seharusnya. Lihat gambar di atas, ketika mesin menyala dalam kondisi langsam jarum RPM sudah di angka 4.5. Seharusnya RPM menunjukkan angka sekitar 2.25. Kedua kendala tersebut terus dicari solusinya agar nantinya bisa berjalan akurat seperti motor aslinya.

Selanjutnya adalah penyesuaian lampu indikator. Speedometer Vixion Lightning memiliki 5 lampu indikator yaitu indikator lampu sein, indikator netral, indikator lampu jauh, indikator temperatur, dan indikator MIL. Untuk indikator lampu sein, indikator lampu jauh, dan indikator temperatur tidak ada perubahan. Untuk indikator normal oleh om Roni RMS difungsikan sebagai indikator untuk standar samping. Apabila standar samping turun maka indikator netral akan menyala dan ketika dinaikkan maka indikator netral akan padam. Sedangkan indikator MIL hanya menyala kedap-kedip karena modul yang dibuat oleh om Roni RMS. Tidak berfungsi apa-apa, hanya sekedar variasi lampu di speedometer.

Untuk penyesuaian indikator bensin bisa langsung akurat. Jadi tidak ada lagi yang namanya bensin campur sodara…campur dorong ke pompa bensin terdekat hahaha… Apabila huruf F muncul di odometer, maka isi tangki bensin tinggal sepertiga lagi jadi masih ada waktu untuk mencari pompa bensin untuk diisi.

Selain memasang speedometer Vixion Lightning, modifikasi Vario Techno 110 selanjutnya adalah mengganti lampu HID dengan lampu LED. Lampu LED ini sangat hemat energi, tahan lama, dan cahayanya juga sangat terang. Untuk posisi lampu biasa membutuhkan daya 15-18 Watt sedangkan ketika posisi lampu jauh menyala dibutuhkan daya 25-30 Watt.

Apabila sodara berdomisili di Kota Surabaya dan sekitarnya, sodara bisa datang langsung ke Ron’s Project untuk menggunakan jasa om Roni RMS dalam menangani motor kesayangan sodara agar semakin mantab. Selain modifikasi, Ron’s Project juga melayani servis rutin untuk motor sodara sekalian.

 

Subscribe Youtube Channel

 

Agar mudah diingat, saya memberi sebutan untuk Honda Vario 110 ini dengan nama King Vario. Jadi sekian dulu ya sodara untuk topik kali ini tentang Modifikasi Vario Techno 110 Pakai Speedometer Vixion Lightning. Tunggu update selanjutnya dari perkembangan modifikasi Vario Techno 110 ini. Kunjungi terus Blog Garasi Modifikasi untuk update terbaru tentang modifikasi motor. Tetap minum kopi sodara biar tetap semangat dalam bermodifikasi, terima kasih, dan semoga bermanfaat.

 

Anton Gunawan
Staff Redaksi at Blog Garasi Modifikasi
Seorang sederhana yang menyukai travelling, camping, sampai dengan dunia modifikasi motor. Bukan seorang blogger apalagi vlogger, hanya berbagi...