Garasi Modifikasi – Halo sodara. Kembali lagi pada topik modifikasi tentang speedometer. Kali ini topiknya tentang Kode Er_1 Speedo New Vixion Advance yang lagi hangat. Seperti biasa, sebelum lebih jauh mari simak penampakan berikut ini :

Sejak kemunculannya, speedo New Vixion Advance ini memang sangat menarik di mata. Tentu banyak yang ingin mengaplikasikan speedo New Vixion Advance ini ke New Vixion Lightning, karena memang lebih keren. Sebelum berpikir untuk mengaplikasikan, ada baiknya mengetahui cara kerja speedometer tersebut.

Seperti yang diketahui, speedo New Vixion Advance ini menampilkan kode error berupa angka di dalam speedometer bukan lagi kedipan lampu MIL seperti halnya motor Vixion Lightning. Salah satu kode error yang ditampilkan oleh speedometer tersebut adalah Er_1.

Lihat juga Wiring Diagram Speedometer New Vixion Advance

Jadi sebelum dibahas lebih lanjut, arti KODE Er_1 adalah speedometer tidak menerima sinyal dari ECU. Kemungkinannya adalah :

  1. Adanya hubungan pendek alias konslet di speedometer
  2. Speedonya rusak sodara dan terakhir,
  3. Tidak terhubung ke ECU atau ECU-nya rusak sodara

Beda halnya apabila sodara menggunakan motor New Vixion Advance dan muncul kode Er_1 tetapi semua fungsi speedometer masih normal/bisa, hal tersebut merupakan pertanda bahwa aki sodara sudah berada di bawah 10.5 Volt. Jadi apabila sodara mengganti aki dengan yang baru tetapi kode Er_1 masih muncul segeralah bawa ke dealer resmi Yamaha terdekat di kota sodara.

Dengan penjelasan kode Er_1 di atas, sodara bisa menebak kalo Speedo New Vixion Advance dipasang di motor lain, NVL sekalipun. Ya betul..!! Speedo New Vixion Advance tidak akan berfungsi tanpa dihubungkan dengan ECU-nya. Jadi jangan terkecoh dengan soket dan tipe motor yang mirip, speedometernya tinggal PNP, tidak demikian sodara.

Mengapa harus memecahkan kode Er_1?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas. Jadi ada satu kabel/pin yang tugasnya mengirim dan menerima sinyal dari ECU atau lebih enak disebut dengan ‘jembatan penghubung’. Selama kode Er_1 masih muncul, maka jembatan tersebut masih terputus.

Apa jadinya kalo jembatan penghubung masih terputus?

Semua fungsi di speedometer tidak bekerja, baik itu RPM, Bar Bahan Bakar, maupun yang lainnya. Ditahan oleh jembatan tersebut yang ditampilkan dengan kode Er_1 dan indikator Injeksi dan indikator Overheat ikut menyala bersama.

Simak dulu video sangat singkat untuk kode Er_1 Speedo New Vixion Advance biar sodara tahu dan tidak penasaran, cekidot sodara…

 

Subscribe Youtube Channel

 

Secara pribadi, saya mengucapkan terima kasih kepada masbro Tri Wijaya yang sudah berkenan meminjamkan Speedo New Vixion Advance kepada kami. Salam hangat dari kota Surabaya..

Ketika artkel ini dipublikasi memang speedo New Advance masih menjadi misteri. Namun kini (September 2018), semua bisa dipecahkan. Speedometer New Vixion Advance memang membutuhkan ECU NVA agar bisa diaplikasikan di motor lain, termasuk juga New Vixion Lightning. Membutuhkan ECU itu artinya sodara juga harus membeli kabel bodi-nya juga. Akan semakin panjang prosesnya ke belakang, tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Perlu bukti, Lihat juga Speedometer New Vixion Advance di Motor Lain

Sekian topik kali ini tentang Kode Er_1 Speedo New Vixion Advance. Kunjungi terus Blog Garasi Modifikasi untuk update terbaru tentang modifikasi motor. Jangan lupa minum kopi ya sodara biar tambah semangat dalam bermodifikasi. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

 

Anton Gunawan
Staff Redaksi at Blog Garasi Modifikasi
Seorang sederhana yang menyukai travelling, camping, sampai dengan dunia modifikasi motor. Bukan seorang blogger apalagi vlogger, hanya berbagi...