Garasi Modifikasi – Halo sodara. Kali ini saya yang update Blog Garasi Modifikasi dengan topik Kode Error 42 di NMAX. Ada apa dengan Kode Error 42 di NMAX? Seperti biasa, simak dulu penampakan-penampakan berikut ini :

 

Beberapa waktu lalu, saya sudah publikasi tentang Kode Error Speedometer NMAX. Untuk lebih lengkapnya silahkan klik link setelah paragraf ini. Di artikel tersebut, Kode Error 42 di NMAX adalah sinyal sensor speedo tidak normal.

Lihat juga: Kode Error Speedometer Yamaha NMAX

Berikut adalah video singkat Kode Error 42 di NMAX, simak ya sodara :

 

Subscribe Youtube Channel

 

Salah satu penyebab Kode Error 42 di NMAX yang paling mudah ditebak adalah sensornya rusak. Selain itu juga bisa terjadi ketika motor dijagang tengah kemudian ditarik gas kencang-kencang, maka Kode Error 42 di NMAX akan muncul di speedometer. Tetap tenang sodara, motor tetap bisa jalan meskipun speedometer tidak berfungsi.

Baca: Kode Error Motor Yamaha: Mesin Tidak Menyala

Kalo permasalahan munculnya kode error tersebut sudah diketahui, maka bisa direset speedometernya. Cara paling mudah dan aman adalah lepas kabel kelistrikan dari aki untuk beberapa saat. Setelah tunggu beberapa saat, pasang kembali aki dan nyalakan kontak pasti kode error tidak lagi muncul.

Lalu apa ada hal lain yang menyebabkan munculnya Kode Error 42 di NMAX ?

ADA sodara. Sodara jangan salah memasang atau salah beli ECU NMAX. Beli lah ECU NMAX sesuai tipe NMAX sodara. Yang ABS menggunakan ECU NMAX ABS, begitu pula yang Non-ABS. Apabila motor NMAX sodara Non-ABS dan dipasang ECU NMAX ABS maka Kode Error 42 di NMAX akan muncul.

Ciri-ciri kalo sodara salah pasang tipe ECU adalah ketika semua cara yang sodara tau untuk mereset kode error tersebut namun tetap saja muncul Kode Error 42 di NMAX. Jadi perhatikan betul sodara ketika suatu saat sodara harus mengganti ECU NMAX terutama yang tipe Non-ABS. Resiko paling buruk ketika salah pemasangan ECU adalah muncul kode Er_1 di speedometer NMAX.

Baca: Arti Kode Er di Speedometer Yamaha

Bukan barang murah sodara, ECU NMAX di pasaran dijual dengan harga kurang lebih 600 ribuan. Jadi kalo salah beli, berharap lah rekan atau sodara ada yang perlu mengganti ECU motornya hahaha… Juga lebih hati-hati dalam bermodifikasi terutama yang berkaitan dengan kelistrikan. Satu hal lagi sodara, kalo memang sangat tidak diperlukan usahakan jangan sering cabut ECU dari soketnya karena rawan terhadap kerusakan ECU.

Demikian update kali ini tentang Kode Error 42 di NMAX. Kunjungi Blog Garasi Modifikasi untuk update modifikasi motor terbaru, tetap minum kopi biar semangat, tetap bermodifikasi, terima kasih, dan semoga bermanfaat.

 

Anton Gunawan
Staff Redaksi at Blog Garasi Modifikasi
Seorang sederhana yang menyukai travelling, camping, sampai dengan dunia modifikasi motor. Bukan seorang blogger apalagi vlogger, hanya berbagi...