Garasi Modifikasi – Halo sodara. Topik kali ini tentang informasi Kode Error Motor Yamaha yang menyebabkan mesin tidak menyala sehingga tidak dapat digunakan. Seperti biasa, simak dulu penampakan-penampakan berikut ini :

 

Beberapa waktu lalu, masbro Anton sudah update tentang Kode Error motor Yamaha diantaranya Yamaha NVA dan yang terbaru adalah Yamaha NMAX. Selain itu masbro Anton juga sudah menjelaskan Kode Er yang muncul di speedometer seperti pada gambar di atas.

Baca: Arti Kode Er di Speedometer Yamaha

Berbeda dengan pabrikan Honda, Yamaha lebih canggih memberikan informasi error terhadap semua perangkat dan sensornya. Pabrikan Yamaha memilih menampilkan dalam bentuk kode yang ditampilkan di speedometer motornya. Di antara semua kode tersebut, beberapa kode error motor Yamaha bisa membuat mesin tidak dapat dinyalakan.

Berikut adalah Kode Error Motor Yamaha sehingga Mesin Tidak Menyala :

12: Tidak ada sinyal normal yang diterima Crankshaft Position Sensor
30: Tidak ada sinyal normal yang diterima Lean Angle Sensor
33: Kabel Primary Ignition Coil: Terdeteksi open circuit
39: Fuel Injector : Terdeteksi open/short circuit
41: Lean Angle Sensor : Terdeteksi open/short circuit
50: Kerusakan pada Memory ECU (bisa jadi kode tidak muncul)

Er_1: Tidak ada sinyal yang diterima dari ECU

 

Subscribe Youtube Channel

 

Kode Error Motor Yamaha tersebut diambil secara umum yang berlaku di semua motor Yamaha yang sudah menampilkan kode error di speedometernya. Bisa jadi terdapat kode error tertentu di motor Yamaha tertentu yang membuat mesin tidak menyala. Karena tipe motor juga menentukan kode error yang ditampilkan.

Kode Error Motor Yamaha yang ditampilkan pada speedometer mulai digunakan sejak kemunculan Yamaha New Vixion Advance. Dimana saat itu, banyak yang terjebak dengan kemiripan bentuk dan model dengan speedometer NVL. Dimana speedometer NVL masih menggunakan kedipan Indikator MIL sebagai informasi apabila ada kerusakan di motor. Dengan tampilnya kode error di speedometer, maka bisa dipastikan speedometer tersebut tidak bisa diaplikasikan di motor lain.

Baca: Kode Error Speedometer Yamaha NMAX

Sekedar memberi informasi, untuk tetap berhati-hati dalam melakukan modifikasi terutama yang berkaitan dengan kelistrikan. Pastikan mekanik sodara mengerti benar tentang kelistrikan dan jalur-jalurnya. Kalo ada konsleting bisa panjang buntutnya. Beruntung kalo hanya fuse aja yang putus, kalo sudah di speedometer muncul kode Er_1 akan jadi panjang betulan sodara.

Demikian update kali ini tentang Kode Error Motor Yamaha: Mesin Tidak Menyala. Kunjungi Blog Garasi Modifikasi untuk update terbaru modifikasi motor. Tetap minum kopi sodara biar tetap semangat, terima kasih, dan semoga bermanfaat.

 

 

 

Soewardono Pinpin
Staff Redaksi at Blog Garasi Modifikasi
Seorang sederhana ini baru saja kenal dengan dunia wordpress, belajar divi theme, sampai ketagihan dengan secangkir kopi...