Garasi Modifikasi – Halo sodara. Topik kali masih seputar speedometer Satria FU Injeksi namun sebagai pelengkap yang sudah-sudah. Tepat sekali, topik kali ini adalah Kode Error Speedometer Satria FU Injeksi. Seperti biasa, sebelum lebih lanjut mari bersama cekidot penampakan-penampakan berikut ini :

 

Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Seharusnya artikel ini muncul sebelum banyak membahas speedometer Satria FU Injeksi. Mirip seperti Speedo New Vixion Advance, kode error speedometer Satria FU Injeksi ini berupa kombinasi huruf dan angka di bagian odometer.

Berikut adalah Kode Error Speedometer Satria FU Injeksi :

C00 Kondisi Normal
C12 CKP Sensor, Crankshaft Position Sensor (CPS) atau Pulser
C13 IAP Sensor, Intake Air Pressure
C14 TP Sensor, Throtle Position
C15 ECT Sensor, Engine Temperature
C21 IAT Sensor, Intake Air Temperature
C23 TO Sensor, mesin otomatis mati ketika motor jatuh atau terlalu miring
C24 Ignition Coil, koil/pengapian bermasalah
C32 Fuel Injector, injeksi terdeteksi ada masalah
C40 ISC Valve, Idle Speed Control
C41 Fuel Pump, terdeteksi masalah di injeksi
C44 02 Sensor, gas buang
C60 Cooling Fan Relay
N-A Aki/Baterai

Tentu saja kode error speedometer Satria FU Injeksi ini akan berfungsi secara normal apabila masih terpasang di motor aslinya. Apabila speedometer Satria FU Injeksi ini diaplikasikan di motor lain maka kode error ini tidak berlaku karena akan keluar kode CHEC pada speedometer.

Speedometer Satria FU Injeksi ini masih lebih ‘baik’ daripada speedometer yang baru milik pabrikan Yamaha, sebut saja speedo NVA, MX-King, NMAX, dan sejenisnya. Ketika tidak terhubung dengan ECU aslinya maka speedometer seperti tidak berfungsi lagi. Berbeda dengan speedometer Satria FU Injeksi ini, ketika tidak terhubung dengan ECU aslinya hanya fungsi Odometer yang tidak bekerja dan keluar kode CHEC.

Kini di Garasi Modifikasi kode CHEC sudah bisa dimanipulasi sehingga fungsi odometer bisa berfungsi ketika diaplikasikan di motor lain. Sudah banyak artikel dan video di Blog Garasi Modifikasi yang membuktikan. Bahkan ketika sodara ingin membuat semuanya akurat silahkan datang ke Ron’s Project di Surabaya. Akurat 100% mulai dari sensor speedo, bar bahan bakar, fungsi odometer, dan semua indikator lainnya.

 

Subscribe Youtube Channel

 

Keberhasilan mengatasi kode CHEC mengingatkan kembali untuk bereksperimen terhadap kode ER_1 di speedometer pabrikan Yamaha. Tidak ada janji yang mengudara melainkan satu keinginan untuk memecahkan teka teki ER_1 tersebut. Sampai hari ini masih mentok terhadap ER_1 ini sodara hahahaha….

Banyak juga pertanyaan yang masuk ke redaksi mengapa Wiring Diagram Speedometer Satria FU Injeksi (Pin-Out Soket) ini tidak dibagikan secara gratis. Gini sodara.. Untuk menemukan wiring tersebut ada dua speedo yang jebol untuk bereksperimen. Yang ketiga baru sukses besar. Kalo ada yang mau ganti biaya speedonya sebesar 600ribu pasti wiring-nya akan dibagikan gratis. Semua akan tetap sama, resiko ditanggung penumpang.. Sodara berminat hehehe…

Simak juga: Cara Menghilangkan Kode CHEC di Speedometer Satria FU Injeksi

Sekian dulu ya sodara untuk update kali ini tentang Kode Error Speedometer Satria FU Injeksi. Kunjungi terus Blog Garasi Modifikasi untuk update terbaru tentang modifikasi motor. Tetap minum kopi ya sodara biar tidak ada salah paham, terus semangat, terus bermodifikasi, terima kasih, dan semoga bermanfaat.

 

 

Anton Gunawan
Staff Redaksi at Blog Garasi Modifikasi
Seorang sederhana yang menyukai travelling, camping, sampai dengan dunia modifikasi motor. Bukan seorang blogger apalagi vlogger, hanya berbagi...