Garasi Modifikasi – Halo sodara. Kali ini topiknya adalah Modifikasi Honda GL100 yang pernah saya publikasi sebelumnya. Mungkin yang belum baca silahkan di klik linknya setelah foto. Seperti biasa, simak dulu penampakan berikut ini :

 

Baca: Motor GL100 Merah Istimewa

Modifikasi Honda GL100 ini sudah direncanakan dari jauh kali. Rencananya dulu setelah Karisma Supermoto selesai baru melakukan modifikasi Honda GL100 ini. Karisma Supermoto sudah selesai tetapi tidak kunjung direalisasikan pelaksanaan megaproyek modifikasi Honda GL100 ini karena ini, itu, dan banyak hal.

Karena sudah direncanakan, tentu dana juga mengikuti untuk dipersiapkan. Selain itu, perlahan tapi pasti kebutuhan alat atau barang-barang untuk modifikasi pun dibeli seperti ACG Starter, cover speedometer, knalpot, aki, dan beberapa kebutuhan lainnya.

Konsep modifikasi Honda GL100 ini adalah restorasi ke original tetapi menggunakan teknologi terkini seperti penggunaan ACG Starter dan mengubah sistem karburator ke injeksi. Terlanjur basah, kuyup sekalian sodara. Karena kembali ke original, diputuskan untuk memodifikasi speedometer agar seperti originalnya tetapi dalamnya menggunakan punya Honda Tiger. Lampu utama nantinya menggunakan lampu HID karena sudah fullwave. Knalpot pun dicari yang originalnya Honda GL100.

Namun tentunya ada beberapa perubahan sedikit dalam modifikasi Honda GL100 yang tidak sama dengan originalnya, seperti harus mengganti holder (mungkin punya Bajaj Pulsar) karena menggunakan ACG Starter. Yang lainnya mungkin dalam sistem pengereman dan bore-up mesin seperti Honda GL Max biar imbang dengan teknologi yang terpasang. Untuk cat masih dipikirkan apakah akan dicat ulang atau tidak.

Tentu yang namanya megaproyek akan memakan waktu yang cukup lama dalam pengerjaan dan biaya yang cukup besar. Jadi sodara kalo pasang fullwave kiprok Tiger dalam 6 bulan kiproknya rusak terus minta garansi lebih baik jangan main modifikasi, cukup menggunakan motor standar pabrik. Karena bermain modifikasi seperti ini harus siap dengan segala resiko yang terjadi.

Lihat Hasilnya: Modifikasi Sederhana Honda GL100 PGM-FI ESP

Demikian update kali ini tentang Megaproyek Modifikasi Honda GL100. Kunjungi terus Blog Garasi Modifikasi untuk update terbaru tentang modifikasi motor. Tetap minum kopi biar tetap bersemangat dalam bermodifikasi. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

 

 

Anton Gunawan
Staff Redaksi at Blog Garasi Modifikasi
Seorang sederhana yang menyukai travelling, camping, sampai dengan dunia modifikasi motor. Bukan seorang blogger apalagi vlogger, hanya berbagi...