Garasi Modifikasi – Halo sodara. Topik kali ini tentang Modifikasi Auto Adjustable Headlamp pada Motor. Apa itu dan bagaimana, seperti biasa sebelum dibahas lebih lanjut mari bersama lihat penampakan di bawah ini :

 

Benar saja, Modifikasi Auto Adjustable Headlamp pada motor pertama kali diaplikasikan oleh mekanik visioner Blog Garasi Modifikasi yaitu om Roni RMS di garasinya. Proyek modifikasi pertamanya adalah Mio Soul GT Lama yang sudah saya publikasi beberapa waktu lalu, silahkan klik link tersebut untuk membaca lebih lanjut.

Artikel pada foto di atas merupakan terbitan sebuah majalah otomotif dengan inisial bla bla bla. Pada dasarnya modifikasi Auto Adjustable Headlamp ini merupakan teknologi yang dibenamkan pada mobil. Oleh om Roni RMS diadopsi untuk diaplikasikan pada motor. Teknologi ini yang lagi booming untuk diaplikasikan di motor Yamaha NMAX.

Apa fungsinya Modifikasi Auto Adjustable Headlamp pada motor?

Fungsinya adalah untuk menyetel lampu utama dalam hal ini adalah lampu projie agar bisa selalu terang di bagian depan motor. Ketika berboncengan, lampu utama secara otomatis akan naik sedikit karena ada beban di belakang. Dengan mengusung teknologi Auto Adjustable Headlamp maka lampu utama bisa diturunkan sesuai dengan kebutuhan agar di sekitar bagian depan motor menjadi lebih terang dan pengendara dari arah sebaliknya tidak silau dengan lampu motor sodara, ini yang terpenting. Gitu ya sodara…

Perbedaan mendasar teknologi Auto Adjustable Headlamp pada motor dan pada mobil?

Teknologi Auto Adjustable Headlamp yang ada di mobil sudah dilengkapi dengan berbagai sensor pendukung. Jadi bekerja secara otomatis. Teknologi Auto Adjustable Headlamp yang diaplikasikan oleh bang Roni pada motor tidak didukung oleh sensor-sensor pendukung, jadi penggunaannya manual yang dilakukan pengendara.

Bagaimana mengoperasikan teknologi Auto Adjustable Headlamp pada Motor?

Pengoperasiannya sangat mudah sodara. Sodara cukup menekan switch yang tersedia dan terpasang di sekitar dashboard motor kesayangan sodara. Switch yang digunakan adalah switch yang biasa untuk jendela mobil, bisa naik bisa turun, tinggal pencet sodara… Mudah kan…

Lalu harga pemasangan teknologi Auto Adjustable Headlamp berapa?

Samar-samar kalo sodara bisa membaca artikel gambar di atas, harga pemasangan teknologi Auto Adjustable Headlamp ini sekitar 500ribu rupiah. Jadi cukup bikin sobek dompet ya sodara hahaha… Kalo sodara berdomisili di Surabaya, silahkan menemui om Roni RMS di garasi untuk teknis pemasangannya.

Apakah modifikasi Auto Adjustable Headlamp yang dilakukan oleh bang Roni ini yang pertama di Indonesia?

Saya pikir tidak, I don’t think so. Sebelum booming, modifikasi Auto Adjustable Headlamp sudah dipublikasi di Blog Garasi Modifikasi dengan motor pertama yang digunakan oleh bang Roni sebagai percontohan yaitu Soul GT Lama milik masbro Ryan. Seperti yang dikatakan oleh bang Roni pada artikel gambar di atas.

Berapa lama pemasangan teknologi Auto Adjustable Headlamp ini?

Paling cepat 2 minggu sodara, itu pun kalo sodara sabar menanti dan percaya ke om Roni RMS. Kalo tidak, silahkan cari bengkel atau mekanik lain yang bisa melakukan modifikasi serupa. Paling tidak berkunjung lah ke blog tetangga yang biasa membuat tutorial dan request bagaimana cara membuat modifikasi Auto Adjustable Headlamp pada motor kesayangan sodara.

Saat ini, om Roni RMS sedang mengerjakan proyek modifikasi Auto Adjustable Headlamp Yamaha NMAX milik masbro Anthony, biang racun NMAX di garasi yang melahirkan nama Ron’s Project. Jadi pastikan modifikasi yang sodara lakukan di tangan mekanik yang tepat. Kalo gak tepat bisa panjang buntutnya sodara.. Gitu ya sodara…

Lihat juga: Modifikasi Headlamp Yamaha NMAX Pakai Auto Adjustable

Sekian update kali ini tentang Modifikasi Auto Adjustable Headlamp yang diaplikasikan pada motor. Tetap di Blog Garasi Modifikasi untuk update terbaru tentang modifikasi motor, tetap minum kopi biar tidak ada salah paham, hidup tenang, hati damai, modifikasi jalan terus. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

 

 

Anton Gunawan
Staff Redaksi at Blog Garasi Modifikasi
Seorang sederhana yang menyukai travelling, camping, sampai dengan dunia modifikasi motor. Bukan seorang blogger apalagi vlogger, hanya berbagi...