Garasi Modifikasi – Halo sodara. Kali ini akan dibahas lebih detil tentang Modifikasi Fullwave 1 Phase ke 3 Phase, termasuk untuk melengkapi artikel sebelumnya tentang Modifikasi Fullwave Kiprok Vixion (Old). Seperti biasa, simak dulu beberapa penampakan berikut ini :

Pada gambar nomor 2 merupakan perbandingan spul dan magnet milik Honda Vario 110cc yang original dengan yang sudah menggunakan ACG Starter. Sebagai informasi, spul dan magnet Vario yang menggunakan ACG Starter menggunakan sistem kelistrikan 3 phase. Gambar tersebut hanya sebagai pembanding dari sisi ukuran dan bentuk antara 1 phase dengan 3 phase. Yang kali ini dibahas bukan ACG Starter melainkan modifikasi fullwave 1 phase ke 3 phase.

Sebelum lebih lanjut, sebagai informasi beberapa motor yang sudah menggunakan sistem kelistrikan fullwave 3 phase diantaranya adalah Yamaha Old Vixion, Yamaha R25, Suzuki Thunder 125, Shogun 125 Fi, Honda Vario yang menggunakan ACG Starter, dan beberapa motor lainnya.

Lihat juga: Modifikasi Fullwave Pakai Kiprok Vixion

Keuntungan menggunakan sistem kelistrikan fullwave 3 phase adalah pengisian aki lebih cepat, arus lebih stabil dan lebih besar dibandingkan sistem kelistrikan fullwave 1 phase. Sudah pasti ada kekurangannya sodara, biaya yang dibutuhkan lebih besar. Kalo dompet lagi sobek jangan coba-coba mainan modifikasi ya sodara..

Bagi sodara yang merasa modifikasi fullwave 1 phase menggunakan kiprok Tiger masih kurang besar arusnya, sodara bisa melakukan modifikasi fullwave 1 phase ke 3 phase. Ini merupakan solusi yang lebih baik daripada sodara harus menggulung ulang spul ori motornya, meskipun memakan lebih banyak biaya.

Part yang terkait dalam modifikasi fullwave 1 phase ke 3 phase adalah spul, rotor/magnet, dan kiprok. Ketiga part tersebut juga harus mendukung kelistrikan 3 phase. Tentu banyak yang harus diperhatikan agar modifikasi fullwave 1 phase ke 3 phase ini berhasil. Termasuk memastikan rotor/magnet bisa masuk untuk dipasang.

Kalo spul yang digunakan dalam modifikasi fullwave 1 phase ke 3 phase milik Thunder maka alangkah baiknya rotor/magnet dan kiprok juga ikut diganti dengan part milik Thunder. Sudah barang pasti akan menghabiskan lebih banyak biaya. Minimal sodara harus menyiapkan dana 1,1 juta belum ongkos pemasangan. Semua resiko tanggung penumpang ya sodara hehehe…

Simak juga: Modifikasi Fullwave: Spull Harus Original Pabrikan

Intinya kalo sudah fullwave 3 phase kemudian dipasang kiprok Tiger maka arus lebih banyak yang terbuang. Bahasa kasarnya, sodara kena tipu. Begitu pula kalo motor masih fullwave 1 phase menggunakan kiprok 3 phase itu juga percuma alias mubazir sodara. Jadi kenali sistem kelistrikan fullwave yang ada di motor sodara, jangan salah pilih ya sodara…

Modifikasi fullwave 1 phase ke 3 phase ini membutuhkan dana yang cukup besar. Jadi pastikan mekanik sodara mengerti betul tentang aplikasi fullwave dan kelistrikan motor. Kalo tidak, bisa panjang buntutnya sodara. Apabila sodara domisili di Surabaya dan sekitarnya bisa langsung menemui om Roni RMS di garasinya Ron’s Project untuk melakukan modifikasi fullwave yang diinginkan.

Sekian dulu update kali ini tentang Modifikasi Fullwave 1 Phase ke 3 Phase. Tetap di Blog Garasi Modifikasi untuk update terbaru tentang modifikasi motor. Tetap minum kopi sodara biar tidak ada salah paham, tetap bermodifikasi, tetap semangat, terima kasih, dan semoga bermanfaat.

 

 

Anton Gunawan
Staff Redaksi at Blog Garasi Modifikasi
Seorang sederhana yang menyukai travelling, camping, sampai dengan dunia modifikasi motor. Bukan seorang blogger apalagi vlogger, hanya berbagi...