Garasi Modifikasi – Halo sodara. Kembali pada permasalahan kelistrikan tentang fullwave. Topik kali ini adalah Modifikasi Fullwave Dengan Kiprok Vixion. Seperti biasa, simak dulu beberapa penampakan berikut ini :

Selama ini di Blog Garasi Modifikasi kiprok yang sering digunakan adalah kiprok Tiger untuk modifikasi fullwave. Kali ini yang dibahas adalah kiprok Vixion. Kiprok Vixion di sini bukan NVL, karena NVL masih menggunakan sistem halfwave. Juga untuk menjawab sobat Blog yang bertanya tentang modifikasi fullwave dengan kiprok Vixion.

Langsung saja, kiprok Tiger berbeda sekali dengan kiprok Vixion. Baik dari sisi soket, jalur, spull hingga pemasangannya. Kalo dari sisi harga, kedua kiprok ini sebelas dua belas sodara, untuk kiprok Tiger di kisaran harga 275ribu sedangkan kiprok Vixion sedikit lebih murah yaitu di kisaran harga 250ribu. Tentu harus original, jangan yang abal-abal.

Dalam modifikasi fullwave dengan kiprok Vixion, posisi soket berbeda dengan kiprok Tiger. Sama menggunakan 5 pin soket namun pin yang tengah berbeda posisi. Untuk jalur juga ada sedikit perbedaan dengan kiprok Tiger. Fullwave dengan kiprok Vixion menganut sistem 3 phase, yang hanya ditemui di motor Old Vixion dan Suzuki Thunder. Sistem 3 phase artinya menggunakan 3 jalur dari spul yaitu dua jalur charging dan satu jalur lampu.

Simak juga: Sistem Kelistrikan Pada Motor

Perbedaan paling mencolok adalah spul. Spul 3 phase berbeda dengan spul motor pada umumnya. Jadi apabila sodara ingin menggunakan kiprok Vixion sebagai kiprok fullwave, maka sodara harus mengganti spul dengan spul milik Old Vixion agar sistem fullwave bekerja dengan baik. Spull old vixion ini dijual di pasaran berada di kisaran harga 300-350 ribu.

Apakah bisa fullwave dengan kiprok Vixion menggunakan spul motor biasa ?

Jujur sodara, di garasi belum ada yang bereksperimen seperti ini. Jadi kalo ditanya seperti itu, pasti jawabannya no comment karena belum tau bisa tidaknya. Kalo sodara sekalian ada yang berhasil modifikasi fullwave dengan kiprok Vixion dengan spul original (motor biasa single phase) silahkan kirim barang buktinya ke redaksi berupa artikel dan foto serta video kalo memang ada.

Karena belum ada yang bereksperimen di garasi, maka berdasarkan logika berpikir sederhana sistem kelistrikan antara single phase dan 3 phase sangat jauh berbeda. Kalo spul motor biasa saja bisa untuk fullwave dengan kiprok Vixion yang menganut sistem 3 phase lalu untuk apa pabrikan seperti Yamaha dan Suzuki membuat spul sendiri yang sudah menggunakan 3 phase. Jadi kalo sodara ingin fullwave dengan kiprok Vixion maka sodara juga harus mengganti spul milik old vixion. Kalo tetap menggunakan originalnya, direkomendasi untuk menggunakan kiprok Tiger atau sejenisnya.

Tentu dalam melakukan modifikasi fullwave harus dengan mekanik yang mengerti kelistrikan. Kalo tidak bisa panjang buntutnya. Bagi sodara yang berdomisili di Surabaya bisa menemui om Roni RMS untuk jasa kelistrikan fullwave di garasinya. Ongkos fullwave di Ron’s Project sebesar 100ribu saja, gak mahal-mahal dan gak perlu gulung ulang spul.

Sekian update kali ini tentang Modifikasi Fullwave dengan Kiprok Vixion. Nantikan terus update terbaru tentang modifikasi motor di Blog Garasi Modifikasi. Tetap minum kopi biar tidak ada salah paham dan agar modifikasi jalan terus. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

 

 

Anton Gunawan
Staff Redaksi at Blog Garasi Modifikasi
Seorang sederhana yang menyukai travelling, camping, sampai dengan dunia modifikasi motor. Bukan seorang blogger apalagi vlogger, hanya berbagi...