Garasi Modifikasi – Halo sodara.. Kali ini yang dibahas adalah modifikasi Fullwave. Berbeda dengan artikel sebelumnya, kali ini yang dibahas adalah Fullwave di motor bebek dan matic milik pabrikan Yamaha. Sebelum dikupas lebih lanjut, simak gambar bagan berikut ini :

Motor-motor tersebut diantaranya adalah Jupiter MX/Z, Mio (termasuk juga Mio J, Soul, GT, Mio karbu), Nouvo, Vega ZR, sampai dengan Xeon. Bagi pemilik motor Honda Karisma, Kirana, dan Supra bisa melanjutkan dengan klik disini. Untuk lebih detail tentang Sistem Fullwave bisa membaca artikel sebelumnya.

Lihat juga: Modifikasi Fullwave Yamaha Vixion Lightning (NVL)

Modifikasi Fullwave untuk motor pabrikan Yamaha sebenarnya lebih mudah. Mengapa lebih mudah ? Ya betul, karena ground spul-nya tidak tertanam pada stator. Jadi tidak harus bongkar generator/spull untuk modifikasi Fullwave. Ada beberapa perbedaan yang harus diperhatikan dari pemasangan fullwave pada motor lain.

Lihat Skema di atas dengan seksama dan detail. Lihat tanda X warna merah. Artinya adalah kabel kuning dan kabel hitam dari spul diputus atau dilepas dari soket. Untuk kabel kuning bisa disolasi atau diamankan ujungnya karena memang tidak terpakai. Untuk kabel hitam, bisa disambung dengan kabel lain untuk masuk ke kiprok Tiger nomor 5. Kabel yang terpakai dari spul adalah kabel putih masuk ke kiprok Tiger nomor 4.

Untuk motor yang kabelnya masih standar pabrik (belum diubah), lepas kabel merah dari kiprok lama, masukkan ke kiprok Tiger nomor 1. Lepas kabel hitam dari kiprok lama, masukkan ke kiprok Tiger nomor 3. Untuk kabel kuning dari kiprok lama, lepas kabel kuning ini kemudian gabungkan dengan kabel coklat kemudian masukkan ke kiprok Tiger nomor 2. Kabel coklat tersebut merupakan jalur “+” (positif) dari kunci kontak.

Prinsip modifikasi Fullwave pada motor Yamaha ini sama, yaitu dengan mengganti kiprok lama dengan kiprok Honda Tiger yang original. Kisaran harga kiprok Tiger original saat ini adalah tiga ratus ribu rupiah. Pastikan semuanya dipasang secara benar. Untuk menghindar hubungan pendek, maka sebelum pemasangan ada baiknya kabel aki dilepas terlebih dulu.

Untuk lebih detailnya, silahkan sodara menghubungi teknisi di bengkel kepercayaan yang benar-benar mengerti tentang kelistrikan dan modifikasi Fullwave ini. Untuk jasa Fullwave ini, sodara cukup merogoh kocek 100 ribu saja dan sodara tidak perlu menggulung ulang spul motor sodara.

Mungkin melalui artikel ini bisa menjawab rekan yang bertanya tentang modifikasi Fullwave di Mio GT miliknya. Cukup sekian artikel kali ini tentang Modifikasi Fullwave Motor Yamaha. Kunjungi terus Blog Garasi Modifikasi untuk update terbaru tentang modifikasi motor. Jangan lupa secangkir kopi untuk menambah semangat sodara dalam bermodifikasi. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

 

Anton Gunawan
Staff Redaksi at Blog Garasi Modifikasi
Seorang sederhana yang menyukai travelling, camping, sampai dengan dunia modifikasi motor. Bukan seorang blogger apalagi vlogger, hanya berbagi...