Garasi Modifikasi – Halo sodara. Kali ini yang dibahas adalah topik yang pernah saya janjikan pada artikel sebelum-sebelumnya yaitu tentang modifikasi Honda GL Pakai ACG Starter. Biar lebih mantab yang dipilih adalah Honda GL Max Series. Seperti biasa, sebelum lebih jauh mari dinikmati penampakan berikut ini :

Pemiliknya adalah masbro Ryan. Masbro Ryan menjual motor sebelumnya yang juga pernah menjadi salah satu favorit di Blog Garasi Modifikasi. Motornya adalah Honda GL Pro yang khas dengan speedometer NVL. Untuk lebih lengkapnya bisa klik di sini. Kemudian membeli Honda GL Max Series karena tertarik mengaplikasikan ACG Starter dalam modifikasi selanjutnya.

Berbeda dengan sebelumnya, modifikasi Honda GL pakai ACG Starter ini berupaya untuk menampilkan motor seperti sedia kala. Secara standar, Honda GL Max Series tidak dibekali dengan starter tangan atau double starter. Jadi yang membedakan adalah dalam hal teknologinya. Motor boleh tahun 1992 tapi teknologi tahun 2012.

Karena menggunakan ACG Starter dan ECM dari Honda Vario 125 maka secara otomatis kelistrikan sudah Fullwave. Apabila motor Honda GL sodara belum fullwave, bisa klik di sini untuk membaca bagaimana cara mengganti kelistrikan dari halfwave menjadi fullwave di Honda GL dengan menggunakan kiprok Tiger original.

Lihat juga: Modifikasi Fullwave Pada Motor Honda Lama

Modifikasi Honda GL Pakai ACG Starter ini sangat sederhana tapi tidak bikin malu ketika motor dipamerin. Karena menggunakan ACG Starter, hal pertama dan utama yang diganti adalah Holder. Tepat sekali, holder yang dipakai adalah Holder Bajaj Pulsar. Memang mantab holder yang satu ini.

Speedometer yang terpasang adalah original Honda GL. Hanya dipasang Voltmeter sebagai pemantau kelistrikan di aki dan menggunakan lampu LED warna putih ketika lampu dinyalakan. Berpindah pada bagian lampu depan. Lampu utama depan menggunakan lampu HID (mungkin di foto tidak seberapa kelihatan) dengan tambahan lampu kabut seperti yang digunakan pada Yamaha NMAX. Lampu kabutnya diberi saklar tambahan karena memang digunakan ketika dibutuhkan.

Omong masalah Yamaha NMAX, master rem depan menggunakan master Yamaha NMAX hasil pemberian masbro Anthony, sang maestro modifikator Yamaha NMAX. Karena menggunakan master rem milik Yamaha NMAX maka harus melakukan modifikasi untuk dudukan spion sebelah kanan. Setelah menggunakan master rem milik Yamaha NMAX, pengereman Honda GL Max Series milik masbro Ryan ini semakin mantab jaya.

Simak video singkat modifikasi Honda GL Pakai ACG Starter berikut ini :

 

Subscribe Youtube Channel

 

Pembeda Honda GL Max Series ini dengan King Vario?

Masih ingat dengan King Vario, yang juga menggunakan ACG Starter. Yang jadi pembeda adalah pengapian CDI. Karena King Vario saya adalah motor matic dimana kecepatan bukan lah hal yang utama jadi CDI yang digunakan adalah CDI dari ECM-nya.

Lihat juga: King Vario 110 Modif Pakai ACG Starter

Berbeda dengan Honda GL Max Series masbro Ryan ini. Karena ini tergolong motor sport maka kecepatan adalah hal yang penting. Jadi CDI yang digunakan juga berbeda. Untuk dalam kota, CDI yang digunakan mengikuti dari ECM-nya dan untuk luar kota atau ketika touring, CDI yang digunakan punya Shogun Kebo biar lebih mantab.

Jadi untuk mengubah CDI mana yang akan digunakan cukup memindahkan switch yang telah terpasang di dalam bodi kempol samping. Foto di atas memang tidak ada karena ketika foto tidak bongkar bodi. Memang diletakkan tersembunyi tetapi ketika akan mengubah tidak perlu membongkar bodi kempol samping. Cukup meraba mencari switch di balik bodi kempol samping kemudian mengubahnya.

Bagaimana sodara? Mantab sekali.. Tentunya semua modifikasi Honda GL pakai ACG Starter ini dilakukan langsung oleh om Roni RMS di Ron’s Project sambil nongkrong, tentunya sambil minum kopi biar tetap semangat, dan modifikasi jalan terus. Untuk pemasangan ACG Starter ini, biaya yang diperlukan sekitar 4 juta. Kalo duitnya lagi cekak, lebih baik ditunda dulu ya sodara hehehe…

Terakhir, pemasangan ACG Starter di Honda GL Max Series atau pun di motor lain sangat rumit dan komplek. Butuh waktu sekitar 1-2 minggu untuk menyelesaikan semuanya. Jadi pastikan mekanik yang memasang ACG Starter mengerti betul bagaimana cara kerjanya. Kalo tidak, buntutnya bisa panjang sodara…

Sekian dulu sodara topik modifikasi Honda GL Pakai ACG Starter. Kunjungi terus Blog Garasi Modifikasi untuk update terbaru tentang modifikasi motor. Tetap minum kopi sodara biar tambah semangat dalam bermodifikasi. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

 

 

Anton Gunawan
Staff Redaksi at Blog Garasi Modifikasi
Seorang sederhana yang menyukai travelling, camping, sampai dengan dunia modifikasi motor. Bukan seorang blogger apalagi vlogger, hanya berbagi...