Garasi Modifikasi – Setelah lama membahas modifikasi yang lain, kini bahas motor saya pribadi yaitu Modifikasi Honda Vario 110 Karbu yang biasa saya sebut dengan King Vario. Sebelum lebih jauh, simak dulu beberapa penampakan hasil modifikasi Honda Vario 110 Karbu :

Saya sudah bikin video singkat bagaimana ACG Starter dan Speedometer NVL berfungsi dengan baik. Video ini saya ambil sendiri ketika hari menjelang subuh dan beberapa saat setelah hujan berhenti. Ini dia videonya :

 

Subscribe Youtube Channel

 

Modifikasi Honda Vario 110 Karbu memang modifikasi motor sederhana, tidak aneh-aneh, tapi tidak bikin malu waktu dipamerin hahaha.. sesuai dengan slogan Blog Garasi Modifikasi. Hanya beberapa modifikasi minor dari artikel terakhir King Vario Pakai ACG Starter.

Lihat juga King Vario 110 Modif Pakai ACG Starter

Di sekitar panel speedometer NVL terpasang Voltmeter untuk menggantikan jam digital yang sudah rusak dan memang lebih bermanfaat memasang voltmeter daripada jam. Voltmeter dipasang agar memudahkan untuk memantau kelistrikan pada aki.

Mumpung ingat sodara, apabila sodara ingin memasang ACG Starter di motor kesayangan sodara beli lah ECU Honda Vario yang bertipe ISS karena pengisian/arusnya lebih besar 1,6x dari ECU Honda Vario non ISS. Satu keunggulan lagi apabila sodara menggunakan teknologi ACG Starter/ECU Honda Vario ISS adalah kelistrikan yang besar dan sangat stabil. Dalam kondisi mesin langsam, pengisian aki di kisaran 13,6 – 14,2 Volt.

Perbedaan yang tidak disadari dari modifikasi Honda Vario 110 Karbu ini adalah fungsi RPM pada speedometer NVL. Bisa dilihat pada video di atas. RPM berjalan seakurat dengan motor aslinya. Karena memang sudah dimodifikasi oleh om Roni RMS sampai akurat seperti sekarang. Sebelumnya, RPM berjalan dua kali lebih cepat. Foto bisa dilihat di paling akhir. Kecepatannya hanya 27km/h tapi jarum RPM di angka 8,5. Bandingkan dengan yang ada di video singkat di atas.

Selanjutnya modifikasi Honda Vario 110 karbu ini adalah pemasangan lampu LED DRL Fleksibel di bagian dalam lampu depan. Lampu LED DRL Fleksibel ini memiliki dua warna lampu yaitu warna biru dan warna putih. Ketika lampu kota menyala maka lampu yang menyala warna putih, ketika lampu utama menyala maka lampu yang menyala warna biru, dan ketika pada posisi lampu jauh lampu yang menyala warna putih.

Terakhir, modifikasi Honda Vario 110 karbu ini dilengkapi dengan Emblem Honda Vario 150 di samping bodi bagian belakang menggantikan emblem yang sebelumnya terpasang dengan rangkaian huruf HONDA. Waktu itu saya beli secara online di Bukalapak, harga emblem sepasang ini sekitar 200 ribu sodara. Mungkin kemahalan, maklum saya beli ketika beberapa bulan setelah Honda Vario 150 keluar alias masih tergolong barang hot from the oven.

Sekian untuk update kali ini tentang Modifikasi Honda Vario 110 Karbu. Kunjungi terus Blog Garasi Modifikasi untuk update terbaru tentang modifikasi motor. Akan ada update tentang modifikasi Honda GL Series menggunakan ACG Starter namun ada yang berbeda dengan penggunaan CDI-nya. Jadi tunggu saja sambil menikmati secangkir kopi biar terasa cepat sodara. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

 

 

 

Anton Gunawan
Staff Redaksi at Blog Garasi Modifikasi
Seorang sederhana yang menyukai travelling, camping, sampai dengan dunia modifikasi motor. Bukan seorang blogger apalagi vlogger, hanya berbagi...