Garasi Modifikasi – Halo sodara. Setelah beberapa kali membahas Speedometer Satria FU Injeksi, kini yang dibahas adalah Modifikasi Sensor Speedo Digital Pada Motor Lama. Seperti biasa, simak dulu penampakan berikut ini :

 

Apabila sodara mengikuti Blog Garasi Modifikasi ini dari awal, mungkin sodara berpikir bagaimana sensor speedo digital pada motor lama ini bisa berfungsi dan bahkan berjalan normal serta akurat 100% layaknya pada motor aslinya. Sebelum lebih jauh, berikut video singkat bagaimana sensor speedo digital pada motor lama dipasang mengikuti putaran roda depan :

 

Subscribe Youtube Channel

 

Di video tersebut tampak Honda Vario 110cc edisi terakhir yang menggunakan karbu yang sudah dimodifikasi menggunakan ACG Starter dan teranyar adalah speedo Satria FU Injeksi. Ketika di-gas, kecepatan di Speedo Satria FU Injeksi tetap menunjukkan angka 0. Ini berarti sensor speedo sudah dimodifikasi oleh bang Roni ikut putaran roda depan.

Ketika roda depan diputar manual oleh istri bang Roni, langsung kecepatan di Speedo Satria FU Injeksi ini berubah. Mantab sodara… Ini merupakan solusi bagi sodara pengguna motor matik yang enggan menggunakan speedometer standarnya dan menggunakan speedometer digital milik motor lain.

Honda Vario 110cc yang sering saya sebut dengan King Vario ini merupakan salah satu motor yang tergolong lama. Masih menggunakan karbu dan gearbox roda depan untuk kecepatannya. Tetapi speedometer yang terpasang adalah speedo Satria FU Injeksi (dalam proses) yang menggantikan speedo NVL, semuanya speedo digital sodara dan berjalan akurat…

Apabila motor kesayangan sodara masih seperti Vario yang saya punya, maka sodara harus melakukan modifikasi sensor speedo digital pada motor lama sodara. Sensor speedo digital sudah mengikuti putaran mesin dengan input jumlah pin/magnetik maupun sentuhan. Sudah jarang bahkan tidak ada motor baru dengan speedometer full digital yang bisa menggunakan gearbox putaran roda depan.

Sensor speedo yang digunakan adalah sensor original motor, bukan sensor universal ya sodara.. Beberapa bisa menjadi alternatif, misalnya sensor speedo Satria FU bisa untuk speedo Satria FU Injeksi, sensor speedo NVL bisa digunakan bagi sodara yang ingin pasang speedo NVL di motor kesayangan sodara. Sensor speedo yang lain misalnya milik Honda Supra X 125 atau Honda Karisma 125 juga bisa menjadi pilihan. Sesuaikan kebutuhan dan kantong sodara…

Apakah kecepatan di speedometer bisa akurat?

Harus akurat sodara… Percuma pakai speedometer kalo cuma sebagai aksesoris. Fungsi adalah nomor satu dan desain adalah bonusnya. Agar menjadi akurat tentu jumlah pin/magnetik maupun sentuhan pada sensor speedo harus sama dengan yang terpasang di motor aslinya. Misalnya, jika sodara pasang speedo Satria FU Injeksi diperlukan jumlah sentuhan sebanyak 6. Begitu pula dengan yang lain…

Jika sodara berpikir masalah sensor speedo adalah masalah mudah, maka sodara harus berpikir ulang. Kelihatannya sepele dan gampang, monggo dicoba sodara… Bagi sodara yang berdomisili di Surabaya dan sekitarnya, silahkan menemui om Roni RMS di Ron’s Project untuk melakukan modifikasi sensor speedo digital pada motor lama. Yang ingin konsultasi gratis, silahkan ke blog tetangga yang suka bagi nomor WA.

Sekian dulu update kali ini tentang Modifikasi Sensor Speedo Digital Pada Motor Lama. Kunjungi terus Blog Garasi Modifikasi untuk update terbaru, tetap minum kopi biar tidak ada salah paham, terus bermodifikasi, terima kasih, dan semoga bermanfaat.

 

 

Anton Gunawan
Staff Redaksi at Blog Garasi Modifikasi
Seorang sederhana yang menyukai travelling, camping, sampai dengan dunia modifikasi motor. Bukan seorang blogger apalagi vlogger, hanya berbagi...