Garasi Modifikasi – Halo sodara. Masih seputar speedometer Satria FU FI sodara, kali ini yang dibahas adalah Modifikasi Speedometer Satria FU FI Akurat 100% di Honda GL pada semua fungsi yang dimiliki Seperti biasa, sebelum lebih lanjut mari simak beberapa penampakan berikut ini :

 

Artikel pertama Modifikasi Speedometer Satria Injeksi di Honda Tiger masih menampilkan kode CHEC pada fungsi Odometer serta keakuratan fungsi kecepatan dan indikator bahan bakar. Sedangkan artikel yang kedua adalah milik bro Aad yaitu Modifikasi Speedometer Satria FU Injeksi di Honda Vario hanya terkendala dengan keakuratan pada fungsi kecepatan dan indikator bahan bakar.

Honda GL milik masbro Ryan ini sudah pernah dipublikasi melalui artikel Modifikasi Honda GL Pakai ACG Starter. Kala itu yang sisi yang ditonjolkan adalah aplikasi ACG Starter pada Honda GL ini. Speedometernya kala itu masih standar dan hanya terpasang voltmeter untuk memantau kelistrikan.

Kali ini, modifikasi speedometer Satria FU FI akurat 100% di Honda GL pada semua fungsinya, sudah seperti pada motor aslinya. Jumlah sentuhan untuk sensor speedo hanya membutuhkan 6 buah, seperti pada motor aslinya. Sensor speedo yang digunakan milik motor Satria, pakai yang lama juga bisa. Yang pasti, kalo speedo-nya masih analog seperti Honda GL ini perlu trik khusus dalam pemasangannya. Kalo masih pakai girbox depan sudah pasti tidak bisa, kalo tidak percaya silahkan dicoba ya sodara.. Kalo gagal monggo di-share biar cukup Anda saja yang gagal hehehe….

Sedangkan pada indikator bahan bakar juga sudah disesuaikan seperti motor aslinya. Posisi pelampung pada speedometer Satria FU FI menggunakan tahanan/resistor untuk menentukan posisi Fuel (penuh) atau Empty (kosong). Ketika posisi penuh tahanan/resistor berada pada 5-7 ohm, sedangkan ketika posisi habis maka tahanan/resistor berada pada posisi 204-210 ohm.

Ketika kedua fungsi kecepatan dan indikator bahan bakar sudah akurat 100%, maka fitur yang lain yang perlu diperhatikan adalah fungsi Odometer. Namun fungsi Odometer sudah berfungsi ketika bang Roni mengerjakan speedometer Satria FU FI milik bro Aad warga Palembang Sumatra Selatan. Seperti yang bisa dilihat pada gambar di atas, fungsi Odometer berfungsi akurat 100%.

Ketika ketiga fungsi tersebut sudah berjalan normal dan akurat 100%, maka fungsi dan indikator yang lain hanya memerlukan penyesuaian saja. Sebut saja indikator lampu jauh yang baru bisa menyala ketika RPM sudah aktif atau dalam kondisi mesin sedang menyala. Untuk indikator gigi hanya menyala pada saat posisi netral karena memang masih di Honda GL MAX.

Semua modifikasi Speedometer Satria FU FI di Honda GL ini dikerjakan langsung oleh om Roni RMS di garasinya. Bagi sodara yang berdomisili di Surabaya dan sekitarnya silahkan datang ke Ron’s Project untuk melakukan modifikasi serupa maupun modifikasi yang lainnya. Semua hasil modifikasi sudah didokumentasikan setelah speedometer terpasang di motor yang disertai dengan video sebagai berikut :

 

Subscribe Youtube Channel

 

Bagaimana sodara, tertarik? Bukan hanya akurat 100% di Honda GL ini saja sodara melainkan pada semua motor dengan catatan motornya harus dibawa ke Ron’s Project agar ditangani langsung oleh om Roni RMS. Jangankan sodara, saya juga sangat tertarik untuk mengaplikasikan speedometer Satria FU FI ini pada King Vario. Om Roni RMS juga sudah menyatakan kesanggupan mengganti speedometer NVL yang sudah mulai usang dengan speedometer full-digital yang masih hangat dalam pikiran. Jadi tunggu saja tanggal main untuk update modifikasi Speedometer Satria FU FI di King Vario…

Sekian dulu sodara untuk update kali ini tentang Modifikasi Speedometer Satria FU FI di Honda GL Akurat 100%. Jangan kemana-mana, tetap di Blog Garasi Modifikasi untuk update terbaru tentang modifikasi motor. Tetap minum kopi sodara biar tidak ada salah paham dan terus bermodifikasi. Terakhir, terima kasih dan semoga bermanfaat.

 

 

Anton Gunawan
Staff Redaksi at Blog Garasi Modifikasi
Seorang sederhana yang menyukai travelling, camping, sampai dengan dunia modifikasi motor. Bukan seorang blogger apalagi vlogger, hanya berbagi...