Garasi Modifikasi – Halo sodara. Sebelumnya yang dibahas adalah di Honda Tiger, kali ini sedikit berbeda yaitu Modifikasi Speedometer Satria Injeksi di Honda Vario 125. Seperti biasa sodara, simak dulu beberapa penampakan berikut ini :

 

Ada baiknya apabila sodara juga melihat video singkat Modifikasi Speedometer Satria Injeksi di Honda Vario :

 

Subscribe Youtube Channel

 

Semua foto dan video adalah hasil kiriman dari masbro Muhammad Fadhlurrahman yang biasa dipanggil bro Aad warga Palembang Sumatera Selatan. Jadi ceritanya bro Aad ini mengirimkan speedometer Satria Injeksi ke om Roni RMS di Surabaya agar bisa dipasang PNP di Honda Vario kesayangannya. Singkat cerita, akhirnya bro Aad bersedia hasil modifikasi motornya dipublikasi dan juga menerima Fee/Honorarium dari hasil modifikasi yang dikirimkan.

Simak: Program dari Be Our Guest

Konsep yang diusung oleh bro Aad adalah Honda Vario Street yang terinspirasi oleh penggabungan antara Honda Beat Street dan Honda Scoopy. Part Honda Beat Street yang digunakan yaitu post comp dan dudukan stangnya saja. Sedangkan part Honda Scoopy yang digunakan yaitu dudukan dan handle kirinya karena punya Honda Vario tidak bisa ada dudukan spionnya.

Menurut bro Aad, speedometer Satria Injeksi digunakan karena desain yang minimalis, sporty, full digital, dan fiturnya yang lengkap. Dari tachometer, fuelmeter, odometer, jam, trip A B, dan fitur standar lainnya. Bro Aad juga memberikan informasi tentang tidak akuratnya speedometer yang bisa 3x lebih cepat dan indikator bar bahan bakar yang dimana hilang satu bar berarti kondisi bahan bakar di tangsi sisa sekitar 20%.

Di luar yang disampaikan oleh bro Aad, coba lihat fungsi Odometer yang muncul di speedometer Satria Injeksi di Honda Vario ini. Semua berfungsi seperti aslinya. Perhatikan bedanya dengan yang dipasang pada Honda Tiger di artikel sebelumnya. Fungsi Odometernya muncul tulisan CHEC. Ini lah perbedaannya yang membuat proses pengerjaannya menjadi rumit dan cukup lama.

Biar tidak penasaran bagaimana speedometer Satria Injeksi yang terpasang di Honda Tiger, simak video singkat berikut ini :

 

Subscribe Youtube Channel

 

Gigi atau magnetik untuk sensor speedo asli Honda Vario berjumlah cukup banyak. Sedangkan speedometer Satria Injeksi ini hanya membutuhkan sekitar sekian gigi/magnetik yang digunakan pada sensor speedonya. Yang di Honda Tiger, kecepatan di speedometer Satria Injeksi lebih akurat karena sudah disesuaikan oleh om Roni RMS.

Sementara untuk indikator bar bahan bakar memang harus disesuaikan seperti aslinya pada motor Satria Injeksi. Perbedaan isi tangki sudah bisa membuat indikator bahan bakar tidak akurat. Jadi masalah kecepatan dan bar bahan bakar adalah masalah yang umum terjadi apabila sodara memasang speedometer digital milik motor lain.

Di akhir pembicaraan, bro Aad berharap om Roni RMS bisa ke Palembang untuk menyelesaikan masalah kecepatan dan bar bahan bakar. Di sisi lain, om Roni RMS menyampaikan masalah bro Aad bisa selesai dalam satu hari pengerjaan, asal om Roni RMS sendiri yang mengerjakannya. Seandainya ada jodoh dan atau sponsor mungkin om Roni RMS bisa ke Palembang untuk menyelesaikan kendala bro Aad.

Bagi sodara yang juga ingin melakukan modifikasi serupa dan berdomisili di Surabaya dan sekitarnya, silahkan menuju Ron’s Project yang akan ditangani langsung oleh om Roni RMS. Sudah banyak yang mempercayakan kepada kami sodara, dari luar kota bahkan luar pulau dan tidak tanggung-tanggung yang dikerjakan adalah paket pemasangan ACG Starter.

Terima kasih kepada bro Aad atas hasil kirimannya dan kepercayaan kepada Garasi Modifikasi. Semoga ada jodoh agar kami bisa saling bertemu dan bisa bekerjasama lagi di lain waktu dan kesempatan.

Sekian dulu ya sodara, sudah terlalu panjang untuk update kali ini tentang Modifikasi Speedometer Satria Injeksi di Honda Vario. Kunjungi terus Blog Garasi Modifikasi untuk update terbaru tentang modifikasi motor. Tetap minum kopi biar tidak ada salah paham, terus bermodifikasi, terima kasih dan semoga bermanfaat.

 

 

Anton Gunawan
Staff Redaksi at Blog Garasi Modifikasi
Seorang sederhana yang menyukai travelling, camping, sampai dengan dunia modifikasi motor. Bukan seorang blogger apalagi vlogger, hanya berbagi...