Garasi Modifikasi – Halo sodara. Kembali lagi pada topik speedometer. Kali ini topiknya adalah Modifikasi Speedometer X-Ride di Honda Tiger. Seperti biasa, sebelum lanjut pada pembahasan mari simak bersama penampakan-penampakan berikut ini :

Speedometer X-Ride merupakan salah satu speedo favorit para pecinta modifikasi terutama untuk sodara yang mempunyai motor sporty seperti Honda Tiger, Honda GL, Honda CB, dan sejenisnya. Karena memang masih analog dan cukup mudah dalam pengaplikasiannya.

Beberapa waktu lalu dengan topik serupa ketika membahas GL Pro Stylish, dimana speedometer X-Ride yang digunakan sudah dimodif dengan menggunakan RPM dengan cover milik NVL. Motornya sendiri juga bukan Honda Tiger dan speedometer X-Ride juga bukan yang standar.

Baru kali ini waktu yang tepat untuk update Modifikasi Speedometer X-Ride di Honda Tiger. Motor Tiger milik seorang teman dari masbro Abi yang datang ke bang Roni untuk mengganti speedometernya dengan menggunakan Speedometer X-Ride di Honda Tiger kesayangannya.

Karena sama-sama masih analog untuk speedonya, jadi yang pertama dilakukan adalah membuat pangkon untuk speedometer X-Ride di Honda Tiger biar pas. Setelah pangkon terpasang baru menyesuaikan indikator yang ada di speedometer X-Ride di Honda Tiger sesuai keperluan dan keinginan.

Indikator Speedometer X-Ride di Honda Tiger hanya ada 3. Karena basic-nya adalah speedometer matic maka tidak ada indikator netralnya. Jadi yang dijadikan indikator netral adalah indikator injeksi. Sedangkan indikator lampu jauh dan indikator lampu sein tetap pada fungsinya.

Apabila sodara ingin lampu indikator yang lebih banyak bisa menggunakan Speedometer Aerox. Hampir semuanya sama dengan speedometer X-Ride. Hanya saja di speedometer Aerox terdapat indikator temperatur di dalam speedonya. Kalo untuk harga, speedometer X-Ride di Honda Tiger ini seharga 300-350 ribu. Sedangkan harga speedometer Aerox di pasaran adalah sekitar 400-450 ribu. Semua kembali pada ketebalan kantong sodara hehehe…

Sekarang ini masbro Abi, pemilik Honda Tiger Revo Asymmetric sedang melakukan modifikasi motornya lebih lanjut. Yang menjadi target modifikasi selanjutnya adalah speedometer dan yang akan digunakan adalah speedometer CBR150R. Salah speedometer digital yang bisa diaplikasikan di motor lain. Semua modifikasi ini dikerjakan oleh om Roni RMS di Ron’s Project. Bagi sodara yang domisili di Surabaya silahkan datang langsung untuk melakukan modifikasi seperti yang sodara inginkan.

Lihat juga: Modifikasi Speedometer Satria Injeksi di Honda Tiger

Satu hal yang pasti, semua modifikasi harus ditangani oleh seorang teknisi atau mekanik yang tepat. Di Garasi Modifikasi semua ditangani langsung oleh mekanik handal yang sudah tidak asing lagi, siapa lagi kalo bukan om Roni RMS. Termasuk pengerjaan modifikasi speedometer CBR150R di Honda Tiger milik masbro Abi. Setelah pengerjaan selesai pasti saya akan update lebih lanjut.

Demikian sodara update untuk kali ini tentang Modifikasi Speedometer X-Ride di Honda Tiger. Kunjungi terus Blog Garasi Modifikasi untuk update terbaru tentang modifikasi motor. Tetap minum kopi biar tidak ada salah paham hati tenang hidup bahagia, dan modifikasi jalan terus tentunya. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

 

Anton Gunawan
Staff Redaksi at Blog Garasi Modifikasi
Seorang sederhana yang menyukai travelling, camping, sampai dengan dunia modifikasi motor. Bukan seorang blogger apalagi vlogger, hanya berbagi...