Garasi Modifikasi – Sodara sekalian, ACG Starter sangat identik dengan pabrikan Honda. Teknologi ini pertama kali dipasang untuk skutik premium Honda yaitu PCX 150. Sebelum lebih jauh, mari bersama simak penampakan berikut ini :

Teknologi ACG Starter ini baru populer ketika Honda memasangkan teknologi ini di motor Vario sehingga terkenal dengan sebutan ACG Starter Vario. Walaupun teknologi ACG Starter ini sudah ada di motor Honda Beat, Honda Scoopy, dan sejenisnya versi terbaru.

Kepanjangan ACG adalah Alternating Current Generator adalah sebuah alat untuk menghasilkan listrik dengan hasil arus bolak-balik (AC), sedangkan starter adalah alat untuk memulai kerja alat/mesin lain. Jadi dengan teknologi ACG Starter Vario ada beberapa keuntungan diantaranya yaitu :

  1. Mengurangi getaran dan bunyi saat menyalakan mesin. Jadi lebih hening tanpa suara “bleeetakkk”
  2. BBM lebih hemat
  3. Pengisian aki secara otomatis dan lebih stabil

Cara kerja ACG Starter Vario ini sudah banyak dibahas blog/website lain. Jadi saya tidak perlu menjelaskan lagi di sini. Karena kecanggihan teknologi ACG Starter Vario ini, beberapa orang mempunyai inisiatif untuk memasang alat ini di motor kesayangannya. Yang jadi pertanyaan adalah Mungkinkah ACG Starter Vario ini dipasang di motor lain apalagi yang masih menggunakan karburator?

Jawabannya: BISA

ACG Starter Vario ini bisa dipasang di motor lain meskipun itu motor lama yang masih menggunakan sistem karburator. Sebagai bukti adalah Honda Vario 110cc milik masbro Anton sudah terpasang ACG Starter ini dan berfungsi dengan normal.

Baca: King Vario 110 Modif Pakai ACG Starter

Pemasangan dilakukan oleh Bang Roni sebagai mekanik handal namun tetap visioner. Karena pemasangan ACG Starter Vario yang sangat rumit jadi tidak bisa dijelaskan di sini. Namun yang pasti, masbro Anton hanya mengganti kabel bodi dan melepas Kiprok Tiger beserta CDI-nya. Dengan catatan adalah bang Roni bisa menyalakan CDI dan Kiprok yang sudah menjadi satu dengan ECM. Selain itu juga masih tetap menggunakan sistem karburator.

Semua kembali pada mekanik yang memasang dan yang pasti dana sodara harus cukup. Minimal untuk mengganti ACG Starter Vario ini butuh sekitar 3,5jt jenderal.

Saat ini bang Roni sedang mengerjakan modifikasi pemasangan ACG Starter Vario ini di Honda GL Series. Tentu saja ini merupakan hal yang paling menggembirakan karena seperti yang kita ketahui semua bahwa GL Series tidak ada double stater-nya, harus pake kaki sodara… Selengkapnya akan di-update oleh masbro Anton di Blog Garasi Modifikasi.

Pasang Switch untuk mode CDI

Ini merupakan ide cemerlang dari om Roni RMS. Tetapi belum dapat dipublikasikan. Jadi intinya adalah kalo dalam mobil ada mode Eco dan mode Sport. Mode Eco menggunakan CDI milik ACM Vario tersebut sedangkan mode Sport menggunakan CDI lain seperti CDI Racing (BRT/Rextor/dsb) atau yang lebih murah tapi mantab adalah CDI Shogun Kebo. Untuk mengganti mode tersebut dipasang sebuah switch untuk lebih praktis.

Jadi satu yang pasti bahwa ACG Starter Vario bisa dipasang di motor lain meskipun masih menggunakan karburator. Sebelum diakhiri ada baiknya simak video sangat singkat berikut ini :

 

Subscribe Youtube Channel

 

Sekian update kali ini tentang Mungkinkah ACG Starter Vario dipasang di Motor Lain. Kunjungi terus Blog Garasi Modifikasi untuk update terbaru tentang modifikasi motor. Jangan lupa minum kopi ya sodara biar tambah semangat. Terima kasih dan semoga bermanfaat…

 

Soewardono Pinpin
Staff Redaksi at Blog Garasi Modifikasi
Seorang sederhana ini baru saja kenal dengan dunia wordpress, belajar divi theme, sampai ketagihan dengan secangkir kopi...