Garasi Modifikasi – Halo sodara. Beberapa waktu lalu sudah dibahas tentang pasang speedo NVL di Honda Tiger, kini yang dibahas adalah pasang speedo Honda CB150R Facelift di Honda Tiger. Seperti biasa, simak penampakan berikut ini :

 

Memang sudah menjadi rahasia umum bahwa speedo Honda CB150R Facelift merupakan salah satu speedo yang mudah diaplikasikan pada motor lain. Pertama sekali perlu menyesuaikan kabel-kabel yang terdapat pada soket speedonya.

Baca: Wiring Diagram Speedo Honda CB150R Facelift

Yang perlu diperhatikan selanjutnya ketika pasang speedo Honda CB150R Facelift di Honda Tiger ini adalah sensor speedo-nya atau kecepatannya. Di Honda Tiger masih menggunakan sistem analog menggunakan kabel yang terhubung pada roda depan. Sedangkan di Honda CB150R Facelift sensor kecepatannya mengikuti putaran mesin seperti halnya Honda Supra X 125.

Bahkan kalo sodara berguru pada om google, ada pelapak yang jual rotor dan sensor kecepatan agar bisa dipasang di speedo Honda CB150R Facelift di Honda Tiger. Harganya pun tidak terlalu mahal, untuk rotornya sekitar 50ribu dan sensornya sekitar 100ribu.

Pemasangan speedo Honda CB150R Facelift di Honda Tiger ini lebih mudah daripada pasang speedo NVL. Tapi dari sisi harga, speedo Honda CB150R Facelift dijual di kisaran harga 800-900 ribu sedangkan speedo NVL hanya di kisaran harga 600 ribu. Kedua speedo ini sama-sama tidak memiliki penunjuk posisi gear/gigi. Hanya indikator netral saja.

Selanjutnya adalah masalah soket speedo. Terlihat sepele namun susah dicari. Soket speedo Honda CB150R Facelift sama dengan soket speedo NVL, Honda Verza, Honda Megapro, sampai dengan Honda Supra X 125. Kalo beli di toko/dealer tidak ada yang dijual lepas hanya soket speedonya melainkan harus beli satu set dengan kabel bodi.

Jadi alternatif lain adalah cari di pasar sparepart motor bekas mungkin ada yang jual soket speedonya aja. Kalo harga soketnya semua masih abu-abu, tidak bisa ditentukan karena memang sulit dicari. Kalo merasa harganya masuk akal, segera bungkus dan jangan cari info harga di tempat lain daripada sakit hati kalo beli kemahalan. Atau bisa cari di toko online. Ini pun kalo dapat. Yang pasti adalah butuh effort lebih untuk mendapatkan soket speedonya daripada speedonya hehehe…

Mungkin cukup sekian topik tentang pasang speedo Honda CB150R Facelift di Honda Tiger. Selanjutnya akan update tentang speedo lain yang cocok di pasang di Honda Tiger. Jangan kemana-mana, kunjungi Blog Garasi Modifikasi untuk update modifikasi terbaru, tetap minum kopi biar tetap semangat, terima kasih, dan semoga bermanfaat.

 

Soewardono Pinpin
Staff Redaksi at Blog Garasi Modifikasi
Seorang sederhana ini baru saja kenal dengan dunia wordpress, belajar divi theme, sampai ketagihan dengan secangkir kopi...