Garasi Modifikasi – Halo sodara. Topik kali ini adalah progress sementara dari megaproyek motor GL100 milik masbro Anton. Progresnya kali ini GL100 Pakai ACG Starter dan Injeksi. Kali ini tidak ada penampakan, namun simak video singkat berikut ini :

 

Subscribe Youtube Channel

 

Di sela-sela kesibukan masing-masing, baik saya, masbro Anton, dan om Roni RMS menyempatkan diri untuk nongkrong bareng alias kopdar kecil di garasi om Roni RMS sembari melihat perkembangan modifikasi untuk GL100 pakai ACG Starter dan Injeksi.

Megaproyek Modifikasi Honda GL100 ini memang sudah beberapa kali muncul dalam artikel baik di Blog Garasi Modifikasi. Bukan hanya omong kosong, semua modifikasi dikerjakan dengan penuh semangat, penuh motivasi, biar motor tidak bikin malu ketika dipamerin.

Motor boleh GL100, pabrikan tahun 1982 tapi teknologi harus tetap kekinian. Om Roni RMS sendiri yang mengerjakan GL100 pakai ACG Starter dan Injeksi. ACG Starter dan Injeksi yang digunakan adalah milik Honda Vario 125 ISS. Untuk pemasangan ACG Starter saja, biaya yang diperlukan di Ron’s Project adalah 3,5 juta total, sodara terima jadi.

Baca: Mungkinkah ACG Starter Vario Dipasang di Motor Lain

Mengapa pengerjaan GL100 pakai ACG Starter dan Injeksi ini cukup lama?

Satu, yang pasti ini memakan biaya cukup besar. Jadi perlahan tapi pasti masbro Anton menyiapkan dana cukup besar untuk melakukan modifikasi ini. Kedua, GL100 pakai ACG Starter dan Injeksi ini merupakan modifikasi yang cukup kompleks. Jadi om Roni RMS juga perlahan tapi pasti bahwa modifikasi ini dapat berjalan sesuai yang direncanakan.

Satu hal yang pasti dari modifikasi GL100 pakai ACG Starter dan Injeksi ini adalah penggunaan tangki bensin tetap standar alias original. Tidak mengubah apa pun dari tangki. Jadi indikator bahan bakar tetap mengikuti pelampung originalnya sehingga tetap akurat. Ini yang juga menambah tingkat kerumitan modifikasi yang sedang dilakukan.

Mengapa juga pasang Injeksi di GL100?

Rupanya masbro Anton dan om Roni RMS sependapat. Pemasangan ACG Starter di motor yang masih menggunakan karburator sudah biasa dilakukan oleh om Roni RMS. Sudah dijelaskan di atas bahwa memasang injeksi merupakan tantangan sendiri ketika tidak mengubah tangki original. Biarlah menjadi teka-teki sampai dengan tanggal mainnya hahaha…

Baca: Modifikasi Honda GL Max Series Pakai ACG Starter

Langkah selanjutnya adalah melakukan pengecatan total pada bodi kemudian melakukan modifikasi pada speedometer, terakhir adalah jalur kelistrikan serta finishing pada motor Honda GL100 milik masbro Anton. Sedikit bocoran bahwa masbro Anton akan menggunakan lampu HID milik mobil X-Trail. Seperti apa dan bagaimana, tunggu saja tanggal mainnya…

Sekian dulu sodara untuk update In Progress: GL100 Pakai ACG Starter dan Injeksi. Kalo sudah selesai pasti masbro Anton akan update di Blog Garasi Modifikasi. Tetap minum kopi biar tetap semangat, modifikasi jalan terus, terima kasih, dan semoga bermanfaat.

 

 

Soewardono Pinpin
Staff Redaksi at Blog Garasi Modifikasi
Seorang sederhana ini baru saja kenal dengan dunia wordpress, belajar divi theme, sampai ketagihan dengan secangkir kopi...