Garasi Modifikasi – Halo sodara. Kali ini topiknya adalah In Progress: Pasang Speedometer Sonic Fi ke Old Sonic. Berbeda dengan biasanya, kali ini penampakannya berupa foto dan video. Simak saja sodara yang berikut ini :

 

 

Ada baiknya simak video singkat penampakan Speedometer Sonic Fi di Old Sonic :

 

Subscribe Youtube Channel

 

Di Blog Garasi Modifikasi, saya pernah update artikel tentang Wiring Diagram Speedometer Sonic Fi. Di artikel tersebut tertulis bahwa yang ingin pasang speedometer Sonic Fi adalah masbro Ryan di motor Kirana kesayangannya. Tetapi menunggu mika speedo milik Kirana yang tak kunjung datang, akhirnya masbro Yeri yang pasang duluan.

Pertama sekali, maaf sodara videonya direkam dengan posisi portrait jadi kurang jreng. Tapi setidaknya masih bisa dilihat penampakan pasang Speedometer Sonic Fi ke Old Sonic. Pemilik motor ini adalah masbro Yeri, seorang anggota klub motor Sonic di Surabaya.

Masbro Yeri ingin memasang speedometer Sonic Fi sudah sejak awal keluarnya motor Sonic Fi tersebut. Namun dicari wiring diagram soket pinout-nya tidak ada. Beberapa waktu lalu akhirnya ketemu wiring diagram di Blog Garasi Modifikasi milik saya, suruh bayar lagi hahaha… Akhirnya setelah menunggu beberapa hari speedometer Sonic Fi terpasang di motor Old Sonic.

Lihat juga: Wiring Diagram Speedometer Honda Sonic FI (Soket Pin-Out)

Seperti yang sodara lihat pada video singkat, semua fungsi pada speedometer Sonic Fi yang terpasang di Old Sonic bisa berfungsi dengan sebagaimana mestinya. Bar bahan bakar tentu sudah disesuaikan agar bisa akurat dengan speedometer Sonic Fi yang baru terpasang. Speedonya juga sudah jalan namun itu masih belum akurat, karena sensor speedonya yang asli ikut mesin.

Ngomong soal sensor speedo, masbro Yeri pernah membawa sensor speedo milik CS1 yang ikut putaran roda depan. Ternyata speedometer Sonic Fi tidak bisa membaca sensor speedo milik Honda CS1. Akhirnya diganti oleh masbro Yeri sesuai dengan instruksi sang mekanik. Kini tinggal menghitung rasio yang tepat agar kecepatan di speedometer Sonic Fi bisa seakurat aslinya.

Lihat juga: Modifikasi Honda CS1 Headlamp dan Speedometer

Oh iya, kendala satu lagi adalah soket speedometer Sonic Fi. Belakangan diketahui bahwa soket speedometernya sama persis punya Honda CBR150R Facelift. Hati-hati sodara dalam hal pemasangan. Speedometer Sonic Fi rawan dengan konslet ketika pasang soket atau penyesuaian jalur.

Pasang Speedometer Sonic Fi ini tergolong lebih mudah daripada speedometer NVL di motor lama. Speedometer Sonic Fi ini di pasaran atau toko online yang ada di Indonesia dijual di kisaran harga 450-500 ribu rupiah. Untuk Wiring Diagram Speedometer Sonic Fi, sodara bisa kunjungi Blog Garasi Modifikasi dengan klik link di atas.

Bagi sodara yang berdomisili di Surabaya, silahkan ke om Roni RMS untuk pemasangan Speedometer Sonic Fi ke motor kesayangan sodara di Ron’s Project. Kalo sodara ke Ron’s Project, sodara tidak perlu repot mencari wiring diagram soket pinout-nya jadi bisa lebih cepat. Ingat sodara, om Roni RMS tidak buka jasa konsultasi gratis jadi kalo serius ya monggo kalo cuma mau konsultasi ke yang lain saja ya sodara hehehe…

Sekian sodara untuk update kali ini tentang In Progress: Pasang Speedometer Sonic Fi ke Old Sonic. Kunjungi Blog Garasi Modifikasi untuk update terbaru tentang modifikasi motor. Tetap minum kopi biar tetap semangat, terima kasih, dan semoga bermanfaat.

 

 

Anton Gunawan
Staff Redaksi at Blog Garasi Modifikasi
Seorang sederhana yang menyukai travelling, camping, sampai dengan dunia modifikasi motor. Bukan seorang blogger apalagi vlogger, hanya berbagi...