Garasi Modifikasi – Halo sodara. Kali ini yang dibahas adalah Skok dan Velg Belakang X-Ride. Seperti biasa, mari bersama simak dulu penampakan-penampakan berikut ini :

 

Sebelum-sebelumnya, masbro Anton sudah banyak ngomong tentang speedometer X-Ride yang bisa jadi alternatif modifikasi untuk speedometer pada motor-motor lama seperti Honda GL, Honda Tiger, bahkan sampai motor terbaru ada terlihat menggunakan speedometer X-Ride di Honda Vario 125 dan mungkin motor lain yang belum didokumentasikan.

Baca: Alternatif Modifikasi Speedometer X-Ride

Kali ini part yang digunakan untuk alternatif modifikasi adalah Skok dan Velg Belakang X-Ride. Skok belakang X-Ride sangat empuk dan nyaman bagi pengguna motor. Sedangkan Velg belakang X-Ride adalah velg pertama keluaran pabrikan yang bertapak lebar di segmen matic. Bahkan mungkin pertama kali pabrikan Yamaha menggunakan ban belakang berukuran 100/70, di luar kebiasaan.

Apakah Skok dan Velg Belakang X-Ride bisa diaplikasikan di motor matic lain?

Bisa sodara. Seperti skok belakang X-Ride dipasang ke Yamaha NMAX, tinggal ganti aja tidak perlu penyesuaian lainnya. Kalo untuk matic pabrikan Yamaha yang tidak bisa menggunakan skok belakang X-Ride adalah Yamaha Nouvo. Mulai dari Mio lama, Mio Soul, Fino, Mio injeksi, Xeon, Xeon RC, sampai dengan Soul GT. Kalo di motor Honda bisa juga dipasang di motor Beat dan Vario yang lama sampai dengan injeksi.

Yang perlu diperhatikan adalah boshing skok dan panjang skok belakang X-Ride pada skok original motor yang mau diganti. Misal pada motor Xeon. Boshing skok Xeon lebih besar dari punya X-Ride, maka sebelum pasang skok X-Ride pasang dulu boshing skok Xeon di skok X-Ride. Kalo ke skok mio series tinggal pasang saja. Tapi motor jadi sedikit lebih nungging karena skok X-Ride lebih panjang sedikit dari skok aslinya.

Sama halnya dengan Velg belakang X-Ride. Dengan tapak lebih lebar dan ban lebih besar membuat motor semakin stabil sehingga keamanan menjadi lebih terjamin. Velg belakang X-Ride bisa diaplikasikan pada motor Mio lama, Mio injeksi, Soul GT, sampai dengan Fino. Apabila menggunakan ban ukuran 100/70 masih ada jarak aman dengan skok belakang dan crankcase, jadi masih bisa upgrade ban menjadi 110/70 biar lebih gahar dan mantab hehehe…

Masalah harga sodara, untuk skok belakang X-Ride dibandrol di kisaran harga 285-300ribu. Sedangkan velg belakang X-Ride dibandrol di kisaran harga 650-700ribu. Jadi kalo dengan ban-nya siapkan dulu duitnya biar gak sobek dompetnya sekitar 900ribu belum termasuk ongkos pemasangan. Kalo dipasang sendiri bisa sedikit hemat sodara hehehe…

Lihat juga: Modifikasi Fullwave X-Ride Pakai Kiprok NMAX

Sekian dulu update untuk kali ini tentang Skok dan Velg Belakang X-Ride. Kunjungi Blog Garasi Modifikasi untuk update terbaru tentang modifikasi motor. Tetap minum kopi sodara biar tetap semangat, terima kasih, dan semoga bermanfaat.

 

Soewardono Pinpin
Staff Redaksi at Blog Garasi Modifikasi
Seorang sederhana ini baru saja kenal dengan dunia wordpress, belajar divi theme, sampai ketagihan dengan secangkir kopi...