Garasi Modifikasi – Halo sodara. Kali ini topiknya adalah tentang Speedometer New Vixion Advance Harus Dengan ECU-Nya. Seperti biasa, sebelum lebih lanjut mari bersama cekidot penampakan berikut ini :

 

Di awal kemunculan Yamaha New Vixion Advance yang biasa disebut NVA ini membawa secercah harapan terutama pada bagian speedometer. Desain speedo NVA sama persis dengan speedo NVL. Hanya berbeda di desain cover RPM. Speedo NVA lebih tegas dan lebih bagus. Siapa yang tidak tergoda untuk memasang speedo NVA di motor kesayangan, memang mantab…

Seiring berjalannya waktu, ternyata speedometer New Vixion Advance ‘lebih pandai’. Indikasi kerusakan pada sensor yang terdapat di motor dimunculkan berupa kode di dalam speedometernya. Hal ini berbeda dengan motor NVL yang muncul berupa kedipan indikator MIL (Malfunction Indicator Lamp). Karena bisa menampilkan kode error di speedometer, bisa disimpulkan bahwa speedometer ini mempunyai ketergantungan dengan ECU-nya.

Baca: Wiring Diagram Speedometer New Vixion Advance

Teka-tekinya terjawab sudah bahwa Speedometer New Vixion Advance membutuhakan ECU agar bisa diaplikasikan di motor lain. Ketika dinyalakan dengan tidak menggunakan ECU, maka speedometer akan menyala kemudian tak lama muncul lah kode Er_1 di speedo NVA. Ini adalah sebuah kode pengunci agar speedo tidak bisa bekerja. Sebelum lebih jauh simak video singkat bagaimana kode Er_1 itu muncul :

 

Subscribe Youtube Channel

 

Baca: Kode Er_1 Speedometer New Vixion Advance

Perlu menjadi perhatian buat sodara, jangan menggunakan speedo NVA untuk motor kesayangan sodara dan jangan memasang speedo NVA langsung pada motor lain. Resikonya ECU motor sodara bisa rusak terkena arus balik dari speedo NVA ke ECU. Jadi bisa dipastikan bahwa Speedometer New Vixion harus satu paket dengan ECU-nya. Tanpa ECU bisa dipastikan bahwa speedo NVA hanya untuk motornya sendiri hehehe…

Sebelum diakhiri, ada baiknya simak video singkat aplikasi Speedometer New Vixion Advance di motor lain yaitu Xeon Karbu. Jelas menggunakan ECU-nya dan penyesuaian yang rumit hingga akhirnya berfungsi dengan semestinya.

 

Subscribe Youtube Channel

 

Demikian update kali ini tentang Speedometer New Vixion butuh ECU ketika diaplikasikan di motor lain. Kunjungi Blog Garasi Modifikasi untuk update tentang modifikasi motor terbaru, tetap minum kopi biar semangat, terima kasih, dan semoga bermanfaat.

 

 

Soewardono Pinpin
Staff Redaksi at Blog Garasi Modifikasi
Seorang sederhana ini baru saja kenal dengan dunia wordpress, belajar divi theme, sampai ketagihan dengan secangkir kopi...