Garasi Modifikasi – Halo sodara sekalian. Kali ini update dengan topik Speedometer New Vixion Advance di Motor Lain. Motor kali ini adalah Xeon Karbu yang beberapa waktu lalu sudah dipublikasi di Blog Garasi Modifikasi ini. Mohon maaf ya sodara, penampakannya kurang jelas tapi silahkan dilihat dulu beberapa penampakan berikut ini :

Motor Xeon Karbu milik masbro Ryan ini memang rasa Vixion Lightning alias NVL. Simak artikelnya dengan di Blog Garasi Modifikasi. Modifikasi Xeon Karbu-nya terus berlanjut sodara dan kali ini yang diubah adalah speedometernya, dari speedometer Vixion Lightning ke speedometer New Vixion Advance.

Lihat juga: Modifikasi Xeon Karbu Rasa Vixion Lightning

Speedometer New Vixion Advance membutuhkan ECU agar speedometer bisa berfungsi seperti di motor aslinya. Harga ECU New Vixion Advance bekas di pasaran sekitar 400-500 ribu, kalo mau beli yang baru silahkan karena cari bekasnya cukup susah sodara. Tidak harus ECU NVA, kalo ada punya NMAX bisa digunakan.

Tidak semudah membalikkan telapak tangan sodara, mengganti speedometer Vixion Lightning ke speedometer New Advance di motor lain seperti di Xeon Karbu ini. Apabila sodara melihat wiring diagram speedometer New Vixion Advance, di situ akan terlihat bahwa tidak ada jalur untuk RPM dan sensor speedo, lalu kemana mereka?

Lihat dulu Wiring Diagram Speedometer New Vixion Advance

Ya betul, sensor speedo dan RPM tidak lagi langsung masuk speedometer melainkan masuk pada jalur ECU. Itu makanya speedometer New Vixion Advance di motor lain harus menggunakan ECU agar bisa berfungsi. Yang akan terjadi ketika tidak menggunakan ECU adalah speedometer New Vixion Advance ini akan menampilkan kode error ER_1, terkunci dan beberapa fitur tidak bisa berfungsi.

Lihat lagi Kode ER_1 Speedometer Yamaha

Karena sudah menggunakan ECU milik motor aslinya dan beberapa penyesuaian yang dilakukan, maka speedometer New Vixion Advance di motor lain ini bisa bekerja. Terutama fungsi RPM dan kecepatan. Tidak ada salahnya simak dulu video sangat singkat yang menunjukkan RPM dan kecepatan bekerja serta speedometer tidak menampilkan kode error berikut ini :

 

Subscribe Youtube Channel

 

Pertanyaan yang sering muncul adalah pakai sensor speedo apa? Jawabannya adalah bukan sensor speedo yang bikin kecepatan akurat tetapi jumlah sentuhan yang dibaca oleh sensor speedo tersebut. Pada Xeon Karbu ini menggunakan sensor speedo milik Yamaha NVL dan diletakkan pada roda belakang sehingga pada video ketika motor dijagang tengah dan di-gas kecepatannya juga ikut jalan.

Jangan sok ngomong bisa akurat kecepatannya apabila speedometer New Vixion Advance di motor lain. Akurat atau tidak akurat itu urusan nanti. Paling penting adalah ketika sodara pasang speedometer New Vixion Advance di motor lain sebut saja motor kesayangan sodara adalah bisa jalan saja RPM dan kecepatannya itu sudah perlu disyukuri hahaha…

Yang terobsesi dengan speedometer New Vixion Advance di motor lain… Ini buktinya bahwa speedometer yang sodara idolakan bisa terpasang dan berfungsi dengan sebagaimana yang diinginkan. Tentu sodara harus siapkan dana lebih untuk membeli ECU dan kabel bodinya. Kalo dompet sodara lagi kosong, tabung dulu jangan keburu karena modifikasi motor tak akan lari walaupun dikejar hahaha….

Sekian dulu ya sodara sekalian topik kali ini tentang Speedometer New Vixion Advance di Motor Lain. Kunjungi terus Blog Garasi Modifikasi untuk update terbaru tentang modifikasi motor. Jangan lupa dengan secangkir kopi. Karena awal mula modifikasi motor dari secangkir kopi. Terima kasih dan semoga bermanfaat…

 

Anton Gunawan
Staff Redaksi at Blog Garasi Modifikasi
Seorang sederhana yang menyukai travelling, camping, sampai dengan dunia modifikasi motor. Bukan seorang blogger apalagi vlogger, hanya berbagi...