Garasi Modifikasi – Halo sodara. Mohon maaf ya sodara baru update lagi karena saya ada beberapa kesibukan lain sehingga absen sejenak dari setelah lebaran. Kali ini topiknya adalah Sulitnya Pasang ACG Starter di Motor Lain. Langsung saja sodara, simak dulu beberapa penampakan berikut ini :

 

ACG Starter ini mulai dikenal orang awam atau masyarakat luas ketika pabrikan Honda mengeluarkan motor Honda Vario 125. Karena Honda Vario 125 ini banyak pelaku modifikasi ingin mengaplikasikan ACG Starter di motor kesayangannya terlebih kalo motor tersebut tidak dilengkapi dynamo starter seperti GL Max Series atau Honda CB atau yang lain.

Di Blog Garasi Modifikasi, tercatat ada 2 motor yang dipublikasi oleh masbro Anton menggunakan ACG Starter yaitu Honda Vario 110cc milik masbro Anton sendiri dan GL Max milik masbro Ryan. Di Child Blog Garasi Modifikasi sendiri terdapat 1 motor yang dipublikasi yaitu GL Max milik masbro Wayan.

Baca: Modifikasi Honda Vario Karbu Pakai ACG Starter

Lihat juga: Modifikasi Honda GL Pakai ACG Starter

Di belakang layar, om Roni RMS sebagai mekanik yang memasang ACG Starter di motor lain sudah sangat banyak. Yang terakhir dan sedang berlangsung adalah Megaproyek Modifikasi GL100 milik masbro Anton. Sulitnya pasang ACG Starter di motor lain ini yang menyebabkan banyaknya pertanyaan yang masuk ke redaksi untuk membuat tutorial bagaimana pasang ACG Starter di Motor Lain.

Beberapa waktu lalu, saya berkesempatan kopdar bareng bersama masbro Anton juga bang Roni termasuk rekan-rekan di Garasi Modifikasi. Keduanya sepakat bahwa tidak memungkinkan untuk membuat tutorial pasang ACG Starter di motor lain. Karena prosesnya yang panjang, pengerjaannya sangat rumit, membutuhkan ketelitian, pemahaman kelistrikan yang sangat tinggi, dan kesabaran tingkat dewa.

Bahkan minimnya atau bahkan tidak ada sumber informasi yang mengupas tuntas tentang ACG Starter ini juga menjadi masalah tersendiri. Yang pasti pasang ACG Starter di motor lain yang selama ini dilakukan adalah ACG Starter milik Honda Vario 125. Jalur kelistrikan di ACG Starter pada Honda Vario 150 terbaru juga sudah beda lagi. Akan berbeda lagi kalo menggunakan ACG Starter Honda Beat yang baru. Sangat rumit dan kompleks.

Masbro Anton menyebut bahwa resiko lainnya apabila membuat tutorial pasang ACG Starter di motor lain adalah ketika tutorial tersebut dilakukan dan terdapat kegagalan, otomatis bisa panjang buntutnya. Karena ini modifikasi yang cukup menguras kantong, jadi tidak bisa dibuat main-main. Lebih baik tidak dibuat daripada dibuat tutorial pasang ACG Starter di motor lain daripada nanti buntutnya panjang.

Total jenderal apabila sodara pasang ACG Starter di motor lain sebesar 3,5 juta (per Agustus 2016). Silahkan ke Ron’s Project menemui om Roni RMS. Sebagai catatan, pengerjaan paling cepat selama 3 minggu. Jadi apabila sodara tidak berkenan meninggalkan motor selama itu, jangan berkecil hati sodara karena sodara mendapat ucapan terima kasih dan selamat mencari bengkel lain. Selanjutnya mohon maaf terlebih dulu sodara, dipastikan pertanyaan seputar pasang ACG Starter di Motor Lain yang masuk ke redaksi tidak akan direspon atau dijawab.

Beberapa waktu lalu, masbro Anton juga update tentang hasil modifikasi terbaru dimana bang Roni berhasil mengaplikasikan teknologi mobil tentang AutoLevelling Projector Headlamp di motor Soul GT lama. Silahkan berkunjung untuk mengetahui lebih lengkap dan detail. Sebagai catatan terakhir, ini semua adalah modifikasi jadi harus siap dengan segala resiko ya sodara… Bijaklah dalam bermodifikasi…

Demikian update dari saya tentang Sulitnya Pasang ACG Starter di Motor Lain. Kunjungi Blog Garasi Modifikasi untuk update terbaru tentang modifikasi motor, jangan kemana-mana, tetap minum kopi biar tetap semangat, terima kasih, dan semoga bermanfaat. Merdeka..!!

 

Subscribe Youtube Channel

 

 

 

Soewardono Pinpin
Staff Redaksi at Blog Garasi Modifikasi
Seorang sederhana ini baru saja kenal dengan dunia wordpress, belajar divi theme, sampai ketagihan dengan secangkir kopi...