Garasi Modifikasi – Halo sodara. Selamat taon baru 2017. Kali ini topiknya adalah Tips Aman Pasang Charger di Motor. Seperti biasa, mari bersama lihat beberapa penampakan berikut ini :

 

Charger adalah sebuah alat yang tidak bisa dipisahkan di era teknologi seperti sekarang ini. Bahkan motor baru sudah ada charger dari pabrikan. Sebenarnya kalo dipikir lagi, penggunaan charger di motor masih kalah dengan penggunaan powerbank dalam aktivitas sehari-hari.

Omong masalah charger di motor, masbro Anton dan om Roni RMS sudah banyak berekperimen memasang charger di motor sejak masbro Anton masih menggunakan Honda Grand legendarisnya, dimana saat itu masih belum mengenal sistem kelistrikan fullwave, dan masih belum mengenal pengisian menggunakan USB. Namun sayang, semuanya tidak ada bukti dokumentasinya.

Lihat juga : Custom Charger di Vario 110 CBS

Karena tidak ada dokumentasinya maka kali ini saya akan membagi cara paling mudah dan paling aman untuk pasang charger di motor kesayangan sodara. Sistem kelistrikannya pun tidak harus fullwave, meskipun halfwave juga dapat memasang charger di motor dengan aman.

Yang perlu disiapkan adalah 1 buah charger yang akan dipasang, 1 buah fuse, dan 1 buah relay 4 kaki dengan Relay Normally Open. Bagi sodara yang belum mengetahui sistem kerja relay, bisa baca artikel sebelumnya tentang Fungsi Relay Dalam Modifikasi Motor. Cara pasang sudah jelas pada gambar skema di atas, bisa dilihat dan dibaca lebih teliti.

Simak juga: Fungsi Relay Dalam Modifikasi Motor

Untuk input positif biar aman disambung melalui output kontak. Hal ini untuk mencegah kebocoran arus biar aki tidak soak. Jadi charger di motor akan menyala ketika kontak dalam kondisi ON. Apabila sodara mempunyai selera tersendiri seperti dipasang saklar tambahan biar lebih menarik, monggo dikreasikan sendiri sodara…

Dikatakan aman karena ketika charger menyala, arus input langsung diambil dari aki, jangan lupa pasang fuse-nya. Tidak terpengaruh beban apa pun sehingga arus tetap stabil selama kondisi aki normal. Apabila sistem kelistrikan sodara masih halfwave, alangkah baiknya charger digunakan pada saat mesin menyala sehingga menghindari cepatnya aki tekor. Karena aki tekor merupakan suatu hal yang sensitif hahaha…

Tips amannya adalah charger di motor tersebut dipergunakan untuk mengisi ulang daya powerbank sodara, bukan smartphone atau barang lain yang lebih berharga. Apabila terjadi hal yang tidak diinginkan maka yang rusak adalah powerbank sodara. Kalo powerbank-nya sudah terisi baru smartphone milik sodara diisi ulang dayanya melalui powerbank tersebut.

Bagi sodara yang domisili di Surabaya dan ingin memasang charger di motor kesayangan, sodara bisa langsung menuju Ron’s Project dengan menemui langsung bang Roni. Ingat ya sodara, masbro Anton dan bang Roni tidak membuka jasa konsultasi gratis.

Demikian sodara untuk update kali ini tentang Tips Aman Pasang Charger di Motor. Kunjungi Blog Garasi Modifikasi untuk update terbaru tentang modifikasi motor. Tetap minum kopi biar tetap semangat, terima kasih, dan semoga bermanfaat.

 

 

Soewardono Pinpin
Staff Redaksi at Blog Garasi Modifikasi
Seorang sederhana ini baru saja kenal dengan dunia wordpress, belajar divi theme, sampai ketagihan dengan secangkir kopi...