Select Page

Garasi Modifikasi – Halo sodara. Ini adalah artikel pertama di Blog Garasi Modifikasi. Untuk pertama kali yang dibahas adalah motor saya pribadi yaitu Modifikasi Vario Techno CBS 110. Untuk itu, simak terlebih dahulu beberapa penampakan hasil modifikasi vario techno saya :

Itu lah hasil modifikasi vario techno yang saya lakukan. Pengerjaan modifikasi dilakukan membutuhkan waktu sekitar satu minggu. Modifikasi Vario Techno CBS 110 ini sangat simple serta bisa tampil beda baik di siang maupun malam hari. Hanya secara tampilan dan beberapa modifikasi yang dilakukan.

Pertama kali yang diubah adalah sistem kelistrikan. Sistem kelistrikan Vario Techno seri ini maupun seri sebelumnya masih menggunakan sistem halfwave diubah menjadi sistem Fullwave agar bisa menahan beban kelistrikan lebih besar. Kiprok yang digunakan adalah kiprok fullwave yang sudah teruji yaitu Kiprok Tiger yang original ya sodara. Usahakan pakai yang original, ada harga ada rupa ya sodara hehehe…

Baca juga: Modifikasi Fullwave Pada Motor Honda Lama

Yang kedua adalah warna bodi dan velg di Honda Vario ini. Sebenarnya tidak banyak mengubah warna dasarnya yaitu merah dan putih. Hanya dilakukan pengecatan ulang di bengkel cat Toyota yang berada di area Surabaya. Warna-warna yang digunakan adalah warna merah milik Toyota Yaris, warna putih di bodi juga milik Toyota Yaris, sedangkan warna putih di velg menggunakan cat milik Toyota Alphard, dan yang terakhir adalah warna variasi Silverstone milik Kijang Innova.

Ketiga adalah pemasangan variasi lampu Vario 110 ini. Untuk lampu utama dipasang lampu HID. Untuk lampu yang lain, lampu sein, lampu kota, dan lampu rem semuanya diganti menggunakan lampu LED. Agar tampil beda, maka footstep belakang diganti dengan footstep variasi yang bisa dipasang lampu. Variasi lampu di footstep ini lebih kelihatan ketika berjalan di malam hari dan sendiri. Selain di footstep, saya juga memasang lampu sirip yang terletak di atas footstep belakang. Sederhana tapi bisa tampil beda sodara…

Yang terakhir untuk modifikasi vario techno cbs 110 ini adalah penggantian Roller dari yang standar original 13gr diubah menjadi Roller milik Dr. Pulley 11gr. Memang harga Roller Dr. Pulley agak mahal ya sodara tapi efek yang dihasilkan sudah bisa dirasakan. Selain bahan bakar menjadi lebih hemat sekitar 20%, tarikan bawah menjadi lebih responsif dari standarnya.

Untuk mesin dan yang lainnya masih standar karena memang untuk berkendara santai, menunjang aktifitas sehari-hari, tetap aman dalam berkendara, tapi tidak bikin malu ketika motor dipamerin. Jadi sekian dulu untuk artikel pertama ini dengan topik Modifikasi Vario Techno CBS 110. Untuk update dari modifikasi vario techno ini bisa klik link berikut ini :

Update 1: Modifikasi Vario Techno CBS Pakai Speedometer NVL

Update 2: Modifikasi Vario Techno CBS Pakai ACG Starter

Update 3: Modifikasi Honda Vario 110 Karbu

Itu saja ya sodara, tetap minum kopi biar tidak ada salah paham, terus bermodifikasi, tetap semangat, terima kasih, dan semoga bermanfaat.

 

Anton Gunawan
Staff Redaksi at Blog Garasi Modifikasi
Seorang sederhana yang menyukai travelling, camping, sampai dengan dunia modifikasi motor. Bukan seorang blogger apalagi vlogger, hanya berbagi...