Select Page

Garasi Modifikasi – Halo sodara. Kembali ke topik speedometer sodara. Kali ini yang dibahas adalah Wiring Diagram Speedometer Satria FU. Seperti biasa, sebelum beranjak lebih jauh mari bersama cekidot beberapa penampakan berikut ini :

 

Berikut keterangan Wiring Diagram Speedometer Satria FU :

1. Sensor Speedo (kabel Pink)
2. RPM (kabel Biru garis Putih)
3. Bahan Bakar (kabel Kuning garis Putih)
4. Kosong
5. Sensor Speedo (kabel Putih)
6. Indikator Netral (kabel Biru)
7. Kosong
a. Kosong (kabel Hitam garis Merah)
b. Positif (+) Kontak (kabel Orange)
c. Indikator Top Gear (kabel Hijau garis Merah)
d. Kosong
e. Negatif (-) (kabel Hitam garis Putih)
f. Indikator Lampu Jauh (kabel Kuning)
g. Negatif (-) (kabel Hitam garis Putih)
h. Indikator Sein (kabel Hijau Muda)
i. Indikator Sein (kabel Hitam)

Sebenarnya Wiring Diagram Speedometer Satria FU ini sudah banyak dibahas oleh blog lain. Sedangkan hari ini sudah keluar Satria Fi dengan speedometer digital yang lebih modern dan informatif. Jadi Wiring Diagram Speedometer Satria FU ini lebih untuk melengkapi artikel di Blog Garasi Modifikasi ini.

Lihat juga: Wiring Diagram Speedometer Satria FU FI

Speedometer Satria FU sudah tergolong kategori speedometer digital dengan sensor kecepatan mengikuti mesin. Desainnya yang sederhana dan dengan harga yang cukup ramah di kantong membuat speedometer Satria FU ini menjadi alternatif untuk dipasang di motor kesayangan sodara. Terlebih sekarang sudah ada Satria Fi keluaran motor Suzuki Satria terbaru.

Ketika dipasang di motor lain, kesulitannya hanya pada sensor speedometer atau sensor kecepatannya. Tetapi ketika berhasil dipasang dan berfungsi maka kepuasan tersendiri yang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata. Apabila motor masih menggunakan analog maka perlu trik khusus agar kecepatan di speedometer bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Yang perlu diperhatikan lagi adalah input voltase yang masuk ke speedometer Satria FU ini. Input voltase yang masuk tidak boleh lebih dari 16 volt. Apabila lebih dari 16 volt maka speedometer Satria FU ini sering reset sendiri. Jadi alternatifnya adalah membatasi voltase yang masuk maksimal 15 volt menggunakan IC tipe LM7815/LM7915.

Lebih baik lagi apabila motor sudah terpasang sistem kelistrikan fullwave. Untuk melakukan fullwave pada Satria FU bisa klik disini. Sistem kelistrikan fullwave ini menggunakan kiprok Tiger dengan arus DC yang tergolong aman untuk speedometer Satria FU.

Baca : Modifikasi Fullwave Satria FU 150

Demikian update untuk topik Wiring Diagram Speedometer Satria FU ini. Selanjutnya akan ada update dari masbro Anton tentang modifikasi Honda GL dengan ACG Starter dan Speedo NVL. Kunjungi Blog Garasi Modifikasi untuk update terbaru tentang modifikasi motor, tetap minum kopi biar tetap semangat, terima kasih, dan semoga bermanfaat.

 

 

Soewardono Pinpin
Staff Redaksi at Blog Garasi Modifikasi
Seorang sederhana ini baru saja kenal dengan dunia wordpress, belajar divi theme, sampai ketagihan dengan secangkir kopi...