Garasi Modifikasi – Sodara sekalian, bisa dikatakan saya buat Wiring Diagram Speedometer Vixion Lightning (baca: NVL Hi-Bro) ini sudah terlambat. Harusnya di awal sekali ketika muncul artikel modifikasi speedo NVL ini. Tapi lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Langsung saja lihat penampakan berikut ini :

Berikut penjelasan Wiring Diagram Speedo NVL :

1. (kosong)
2. Indikator Neutral
3. Indikator Sein
4. Indikator Sein
5. Sensor Speedo (-)
6. Negatif
7. Positif
8. Sensor Speedo (+)

a. Bar Bahan Bakar
b. (kosong)
c. RPM
d. Sensor Speedo (pulse)
e. (kosong)
f. Indikator MIL
g. Indikator Over Heat
h. Indikator Lampu Jauh

Perlu diketahui bahwa soket Speedo NLV sama persis dengan soket speedo Supra X 125, New Megapro, dan Honda CB150R. Jadi bisa dikanibal dari motor-motor tersebut biar lebih mudah dicari dan mungkin lebih sedikit ramah di kantong hehe…

Banyak sekali artikel yang mengupas tentang speedometer Vixion Lightning ini. Tetapi dalam artikel tersebut hanya menampilkan ketika speedo dibongkar atau dimodifikasi. Kalo foto yang ditampilkan waktu proses dibongkar, bagaimana bisa tahu apakah semua fungsi bisa berjalan dengan semestinya ketika dipasang di motor. Kalo kasih tutorial seharusnya bisa kasih hasil akhirnya ketika sudah terpasang di motor.

Contoh paling sederhana, Bar Bahan Bakar di speedo NVL ada 8 bar. Kalo sudah terpasang di motor (selain Yamaha NVL tentunya) apakah Bar Bahan Bakar tersebut berfungsi akurat? Kalo bahan bakar penuh maka bar penuh. Ketika bahan bakar sisa sedikit, tinggal 1 bar berkedip kemudian muncul F di odometer. Jangan-jangan bahan bakar penuh, yang keluar hanya 3 bar atau malah 2 bar. Yang lebih parah malah bar penuh tapi blinking hahaha..

Ketika ditanya bagaimana dengan akurasi?

Kalo bar bahan bakar dan rpm dipastikan bisa berfungsi dengan akurat. Kalo speedo, tidak bisa akurat 100%. Yang sama-sama digital saja bisa beda, seperti Supra X 125 dengan Yamaha NVL beda akurasi 10% lebih cepat Yamaha NVL. Satu hal yang pasti, sensor speedo bisa berfungsi walaupun tidak 100% akurat. Karena memang mayoritas permasalahannya adalah sensor speedo tidak bisa jalan ketika dipasang di motor lain.

Di Garasi Modifikasi, semua hasil modifikasi speedometer Vixion Lightning ini ditampilkan ketika sudah benar-benar terpasang di motor. Tidak ada rekayasa, tidak ada tutorial bagaimana caranya, dan seterusnya. Jadi biarkan semua tetap menjadi sebuah misteri yang harus dipecahkan alias tetap menjadi rahasia perusahaan hahaha…

Lihat juga Modifikasi Vario Techno 110 Pakai Speedometer Vixion Lightning

Beberapa waktu yang lalu, ada yang komen bagaimana memasang speedo NVL ini di Honda Karisma. Petunjuknya adalah Wiring Diagram Speedometer Vixion Lightning ini. Utak-atik, terus dicoba, pantang menyerah sampai ketemu bagaimana semua bisa berfungsi termasuk sensor speedometernya. Yang jelas hasil akhirnya seperti pada Karisma Supermoto yang sudah dipublikasi beberapa waktu lalu. Sensor speedo NVL bekerja dengan baik.

Sekian untuk topik kali ini tentang Wiring Diagram Speedometer Vixion Lightning. Kunjungi terus Blog Garasi Modifikasi untuk update terbaru tentang modifikasi motor. Jangan lupa dengan secangkir kopi ya sodara, biar tambah semangat dalam bermodifikasi. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

 

Anton Gunawan
Staff Redaksi at Blog Garasi Modifikasi
Seorang sederhana yang menyukai travelling, camping, sampai dengan dunia modifikasi motor. Bukan seorang blogger apalagi vlogger, hanya berbagi...