Garasi Modifikasi – Halo sodara, jumpa lagi di edisi perdana taon 2017 yang akan dibuka dengan topik Wiring Diagram Speedometer Yamaha R15 v 2.0 Soket Pin-out. Seperti biasa, mari bersama simak beberapa penampakan berikut ini :

Kredit Foto: Masbro Imam, Prabumulih – Sumsel

Berdasarkan kabar burung yang banyak beredar di blog tetangga bahwa tahun 2017 ini, pabrikan Yamaha akan memperbaharui lini motor dimana salah satunya adalah Yamaha R15. Kemungkinan besarnya, speedometernya sudah full-digital dan satu paket dengan ECU-nya seperti pada motor New Vixion Advance (NVA), NMAX, Jupiter MX-King, dan lainnya. Sebelum keluar yang baru, maka speedometer Yamaha R15 v 2.0 bisa menjadi alternatif pilihan speedometer untuk motor kesayangan sodara.

Sebenarnya Wiring Diagram Speedometer Yamaha R15 v 2.0 sudah ada di dalam speedometernya. Mirip dengan speedometer Yamaha Byson Fi. Ditulis di samping soket dengan menggunakan singkatan kode. Jadi biar tidak bingung, simak dulu arti kode di speedometer Yamaha R15 v.2 :

SP: Sensor Speedo
ILL: Aki
TAC: RPM
NC: Kosong
WT: Indikator Temperatur
GND: Ground (-)
EFI: Indikator Injeksi
IGN: Positif (+) Output Kontak
NE: Indikator Netral
TL: Indikator Sein (Kiri)
FLS: Sensor Bahan Bakar
TR: Indikator Sein (Kanan)
HB: Indikator Lampu Jauh

Jumlah pin soket di speedometer Yamaha R15 v 2.0 ini berjumlah 18 pin. Dari gambar di atas, lokasi soket pin nomor 1 adalah yang paling bawah sebelah kiri. Di atas soket pin nomor 1 adalah soket pin nomor 9. Untuk memudahkan, cari kabel coklat maka itu IGN berada di soket pin nomor 8.

Lihat juga Wiring Diagram Speedometer Yamaha Byson FI

Setelah melihat Wiring Diagram Speedometer Yamaha R15 v 2.0 ini menunjukkan bahwa speedometer Yamaha R15 v 2.0 masih menggunakan kedipan lampu di Indikator Injeksi. Ini artinya speedometer Yamaha R15 v 2.0 bisa diaplikasi di motor lain atau sebaliknya apabila sodara ingin mengganti speedometer milik motor lain sesuai selera sodara.

Yang perlu diperhatikan apabila sodara memasang speedometer lain di motor Yamaha R15 v 2.0 ini adalah sensor speedo (kecepatan) dan rasio bar bahan bakar atau pelampung. Ini sering menjadi problem karena menjadi tidak akurat. Harus melakukan penyesuaian untuk itu semua.

SImak juga: Wiring Diagram Speedometer Yamaha R15 v3

Hal lainnya adalah sistem kelistrikan yang dianut oleh Yamaha R15 v 2.0 ini sudah fullwave. Maka perlu trik khusus apabila sodara memasang speedometer yang indikator lampu jauhnya masih menggunakan umpan arus AC. Mungkin sudah ada tutorialnya di blog tetangga tentang trik khusus tersebut, jadi bisa tanya om Google untuk mengetahui lebih lanjut.

Tentu akan lebih panjang urusannya apabila sodara cuma coba-coba tanpa kemampuan. Apabila sodara berdomisili di Surabaya dan sekitarnya, sodara bisa langsung bertemu dengan om Roni RMS di garasinya yaitu Ron’s Project untuk melakukan modifikasi pemasangan speedometer Yamaha R15 v 2.0. Terakhir saya mengucapkan terima kasih kepada masbro Imam warga Prabumulih Sumatra Selatan atas sharing foto dan informasi yang bermanfaat bagi sodara sekalian.

Sekian untuk update pertama di taon 2017 ini tentang Wiring Diagram Speedometer Yamaha R15 v 2.0. Kunjungi terus Blog Garasi Modifikasi untuk update terbaru tentang modifikasi motor. Tetap minum kopi biar tidak ada salah paham, pikiran tenang, dan modifikasi jalan terus. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

 

 

Anton Gunawan
Staff Redaksi at Blog Garasi Modifikasi
Seorang sederhana yang menyukai travelling, camping, sampai dengan dunia modifikasi motor. Bukan seorang blogger apalagi vlogger, hanya berbagi...