Select Page

Garasi Modifikasi – Halo sodara. Kali ini pemilik motor Mio Soul GT adalah seorang wanita bernama Ibu Purnama. Karena pemiliknya seorang wanita jadi dikasih topik Modifikasi Mio Soul GT Feminim. Ada baiknya apabila sebelum lanjut, simak dulu beberapa penampakan hasil modifikasi Mio Soul GT milik ibu Purnama :

Memang dari sisi bodi, standar motor ini sudah keren dan mantab. Tidak banyak perubahan dari sisi bodi. Penambahan berupa aksesoris dan variasi sederhana saja. Mengganti handle rem milik Ride It, memasang penutup jok Cooltech, dan warna behel (plenger) belakang dari putih menjadi Silverstone milik Kijang Innova.

Dari sisi kaki, seperti biasa pabrikan Yamaha selalu memberikan ukuran ban standar depan 70/90 dan ban belakang 80/90. Menurut saya maupun om Roni RMS, ukuran ban standar tersebut kurang besar sedikit. Jadi biar tampil sedikit lebih baik dan meningkatkan kenyamanan dalam berkendara maka kedua ban standar tersebut diganti dengan ban tubeless dengan ukuran ban depan 80/80 sedangkan ban belakang 90/80. Coba deh… Lebih mantab sodara…

Modifikasi Mio Soul GT ini berlanjut pada sistem kelistrikan. Meskipun sudah mengusung teknologi injeksi, Mio Soul GT ini masih menggunakan sistem kelistrikan halfwave. Sistem kelistrikan diubah menjadi sistem fullwave dengan menggunakan kiprok Tiger ori. Setelah mengganti sistem kelistrikan menjadi fullwave maka modifikasi Mio Soul GT selanjutnya adalah mengganti lampu utama dengan lampu HID 35 Watt. Lampu yang lain seperti lampu sein, lampu belakang, dan lampu di speedometer semuanya menggunakan lampu LED.

Lihat juga: Modifikasi Fullwave Motor Yamaha

Setelah memasang lampu HID, tentu holder AHO standar motor pabrikan harus diganti agar lampu HID bisa dimatikan ketika tidak diperlukan. Holder kanan tersebut diganti menggunakan holder kanan Yamaha Mio lama yang masih ada saklarnya. Pemasangannya pun mudah dan praktis. Hanya memerlukan penyesuaian jalur kabel pada saklar lampu tersebut.

Klakson juga diganti dengan klakson Denso 2 buah, biar denger sodara kalo di-klason hahaha… Kemudian mengganti kopling otomatis (ganda) milik Honda Beat. Penggantian ini meningkatkan akselerasi motor tanpa mempengaruhi tingkat keborosan bahan bakar. Ingat ya sodara, penggantian kopling otomatis (ganda) milik Honda Beat ini tidak bisa dilakukan di bengkel resmi Yamaha. Jadi pilih bengkel alternatif kepercayaan sodara…

Lihat juga: Modifikasi Vario Techno CBS 110

Sebenarnya masih ada beberapa ide untuk kelanjutan modifikasi Mio Soul GT ini. Tapi sang pemilik, Ibu Purnama masih terus berkutat dengan pekerjaannya sehingga jarang nongol di Ron’s Project. Sekian dulu sodara untuk topik kali ini tentang Modifikasi Mio Soul GT Feminim. Kunjungi terus Blog Garasi Modifikasi untuk update terbaru tentang modifikasi motor. Tetap minum kopi sodara biar tidak ada salah paham, hati senang, dan hidup bahagia. Terus bermodifikasi, terima kasih, dan semoga bermanfaat.

 

Anton Gunawan
Staff Redaksi at Blog Garasi Modifikasi
Seorang sederhana yang menyukai travelling, camping, sampai dengan dunia modifikasi motor. Bukan seorang blogger apalagi vlogger, hanya berbagi...